Senin, 16 Jan 2017 16:09 WIB

Water Birth Disebut Upaya Tingkatkan Keberhasilan Persalinan Normal

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Metode persalinan di air atau water birth sampai saat ini masih menjadi hal yang kontroversial. Masih banyak pro dan kontra yang membuat metode ini banyak dibicarakan.

Salah satu dokter yang pro dengan metode ini yaitu dr Hariyasa Sanjaya, SpOG. Ketua Indonesian Water Birth Association ini mengklaim bahwa metode water birth ini merupakan salah satu metode persalinan yang aman.

Dikutip dari postingan YouTube-nya yang berjudul 'Water Birth Indonesia', ia menuturkan bahwa water birth merupakan sebuah metode alternatif persalinan normal yang bertujuan untuk meningkatkan keberhasilan persalinan normal.

"Banyak metode yang dikenalkan, yang sudah kita ketahui, sesungguhnya dibagi menjadi dua hal yaitu persalinan alamiah dengan cara melalui jalan lahir atau dengan melakukan prosedur operasi. Water birth merupakan satu jawaban dari masalah ketidaknyamanan atau nyeri persalinan," tutur dr Hariyasa.

Baca juga: Studi Ini Sebut pada Kehamilan Berisiko Rendah, Water Birth Aman bagi Bayi

Dalam video berdurasi sekitar tiga menit tersebut, ia menyebutkan bahwa nyeri merupakan hal yang ditolak atau tidak disukai ibu hamil dalam proses persalinan. Nah, berendam dalam air hangat saat persalinan dapat mengurangi rasa nyeri dan menimbulkan sensasi rasa nyaman. "Ketika wanita hamil dalam proses persalinan mendapatkan kenyamanan, persalinan terus akan berjalan lebih baik," imbuhnya.

Dokter yang berdomisili di Denpasar, Bali ini juga menyebutkan bahwa water birth adalah metode persalinan yang terbukti berdasarkan penelitian-penelitian medis yang disebut sebagai evidence based medicine level 1. Metode ini diklaim mampu mengurangi penggunaan analgesik dalam proses persalinan. "Metode ini merupakan salah satu metode yang bisa dipilih ibu hamil jika tidak mampu menahan nyeri persalinan alami," ujar dr Hariyasa.

Metode ini cukup populer dilakukan di luar negeri, seperti di California, AS. Salah satu wanita yang pernah menjalani metode ini yakni Audra. Dibantu bidan bernama Lisa Marie Sanchez Oxenham, ia menjalani proses persalinan dengan amat tenang. Video persalinan Audra bahkan diunggah ke YouTube dengan durasi 1 menit 39 detik. Dikutip dari Fit Pregnancy, Audra amat tenang ketika ia merasakan kontraksi jelang kelahiran bayinya. Di dalam bak biru berisi air, Audra menjalani water birth ditemani suaminya.

Sebelumnya, dr Nurdadi Saleh, SpOG dari Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) pernah menegaskan bahwa pihaknya belum merekomendasikan metode water birth, bahkan sampai saat ini. "Hasil kajian kami menunjukkan belum ada bukti yang cukup bahwa water birth memberikan manfaat seperti yang banyak dibicarakan," tegasnya.

Baca juga: Tetap Tenang Saat Melahirkan, Video Ibu Ini Jadi Viral

(ajg/vit)