Selasa, 24 Jan 2017 08:33 WIB

Adakah Arti Mimpi yang Sering Dialami Ibu Hamil?

Nurvita Indarini - detikHealth
Halaman 1 dari 6
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Ketika hamil, ibu-ibu pasti juga sering bermimpi dan kemudian menerka-nerka adakah kaitan mimpinya dengan kondisi si janin. Adakah arti di balik mimpinya?

Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Sleep Medicine menyebut ibu-ibu hamil tidak mengalami mimpi sesering mereka yang tidak hamil. Akan tetapi jika bermimpi, sering kali merupakan mimpi buruk.

Jessica Lara-Carrasco, PhD, seorang psikolog klinis di Montreal, Kanada yang juga merupakan peneliti di studi tersebut mengungkapkan perubahan hormonal saat hamil bisa mengganggu tidur. Karena itu mimpi yang hadir bisa dirasakan lebih mengganggu, apalagi sering kali membuat yang bersangkutan sering terbangun.

Tak cuma itu kekhawatiran tentang berbagai hal di masa depan misalnya terkait proses melahirkan yang akan dijalani dan hal-hal lainnya bisa jadi membuat seorang ibu hamil jadi lebih rentan stres. Karena itu kekhawatiran jadi terbawa mimpi, lalu mereka mengait-ngaitkan mimpi itu dengan kondisi yang sekarang dialaminya.

Akan tetapi studi dalam jurnal Psychiatry Research menyebut ada kabar baik di balik mimpi seram ibu hamil. Katanya, ibu hamil yang mengalami mimpi buruk lebih mungkin memiliki durasi melahirkan yang lebih pendek.

Penulis buku 'The Top 100 Dreams: The Dreams That We All Have and What They Really Mean' Ian Wallace mengatakan mimpi tidak begitu saja terjadi, namun sering kali yang bersangkutanlah yang membuatnya. Kata dia, mimpi itu seperti selfie.

"Merupakan potret diri dari siapa sebenarnya Anda, apa yang diinginkan dan apa yang diyakini dalam hidup," ucapnya.

Nah, berikut Ini beberapa mimpi yang sering dialami ibu hamil dan arti di baliknya, seperti dikutip dari foxnews.com. Meskipun tidak selalu benar, namun menarik juga untuk disimak pemaparannya: (vit/up)