Memahami Kondisi yang Bikin Kim Kardashian Dilarang Hamil Lagi

ADVERTISEMENT

Memahami Kondisi yang Bikin Kim Kardashian Dilarang Hamil Lagi

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Kamis, 30 Mar 2017 13:39 WIB
Kim dan North (Foto: Getty Images)
Jakarta - Setelah North dan Saint, pasangan sosialita Kim Kardashian dan Kanye West nyatanya ingin punya anak lagi. Namun laporan terbaru menyebut Kim dilarang hamil lagi oleh dokter.

Menurut sumber US Weekly, larangan ini muncul karena Kim dikabarkan pernah mengalami preeklampsia atau komplikasi tekanan darah tinggi saat kehamilan.

Dalam artikel lain di NY Daily News juga disebut Kim harus 'tutup toko' karena kehamilannya akan sangat berisiko kelak. Apalagi dua kehamilan sebelumnya telah cukup merusak tubuhnya.

Fakta ini juga dikisahkan Kim secara komplet lewat situs resminya, www.kimkardashianwest.com. Preeklampsia dialami Kim ketika mengandung North maupun Saint. Namun berkat bimbingan dokternya, Kim berhasil melahirkan keduanya dengan sehat dan selamat.

Kondisi yang dialami Kim membuktikan bahwa preeklampsia yang terjadi pada kehamilan dapat berulang kembali. Seperti halnya diutarakan dr Khanisyah Erza Gumilar, SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya.

Riwayat preeklampsia pada kehamilan sebelumnya merupakan salah satu risiko terjadinya preeklampsia pada kehamilan berikutnya.

"Ini berarti risiko tersebut tetap ada, alias bisa terjadi lagi," tutur dr Erza kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Baca juga: Wajib Dipahami, Preeklampsia Tak Sekadar Tekanan Darah Naik Saat Hamil

Secara umum, preeklampsia biasanya terjadi pada kehamilan pertama, utamanya pada usia kehamilan lebih dari 20 pekan. Tekanan darah yang kemudian memicu preeklampsia adalah lebih dari 140/90 mmHg.

dr Erza menambahkan, ada tiga gejala utama yang muncul sebagai indikator preeklampsia, yaitu hipertensi, peningkatan protein pada urine dan pembengkakan kaki. Namun dr Erza mengatakan, ketiga gejala utama tersebut kini tak melulu muncul pada ibu dengan preeklampsia.

Baca juga: Kehamilan Pertama Sudah Preeklampsia, Apakah yang Kedua Bisa Kena Lagi?

Hanya saja pada kasus Kim, ia mengaku mengalami pembengkakan pada kaki, kram perut yang sangat buruk tiap kali duduk. "Tekanan darah saya juga sedikit lebih tinggi, dan ada protein dalam urine saya. Keduanya merupakan indikasi preeklampsia," tuturnya dalam klip promo Keeping Up with The Kardashians beberapa waktu lalu.

Nyatanya Kim memilih menuruti anjuran dokternya. "Jika dua dokter yang aku percaya mengatakan padaku untuk tidak hamil lagi, aku akan mendengarkan itu," ujarnya.

Rencananya, ia akan meminta salah satu dari saudari-saudarinya, entah itu Khloe atau Kourtney untuk menjadi ibu pengganti bagi calon anak ketiganya atau mengadopsi satu anak lagi. (lll/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT