Jumat, 26 Mei 2017 18:04 WIB

Ini Saran Dokter Soal Olahraga Jelang Melahirkan

Suherni Sulaeman - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Olahraga bukanlah halangan bagi mereka yang tengah berbadan dua. Asal aman, justru aktivitas fisik saat mendekati hari kelahiran sang buah hati ditengarai bisa membantu kelancaran proses persalinan. Bagaimana saran dokter soal ini?

Dokter spesialis kedokteran olahraga, dr Michael Triangto, SpKO, dari Klinik Slim and Health RS Mitra Kemayoran menerangkan, untuk olahraga jelang melahirkan sebaiknya tidak melakukan olahraga yang berintensitas tinggi dan high impact. Selain itu, ibu hamil juga tidak boleh 'memaksa' untuk mengeluarkan keringat.

Baca juga: Hai Calon Ibu, Ini 7 Kunci Hamil Sehat Sampai Melahirkan

"Karena dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi dan peningkatan suhu tubuh secara berlebihan yang pada akhirnya dapat mengganggu kesehatan sang janin," ucap pria berkacamata ini.

Ini Saran Dokter Soal Olahraga Jelang MelahirkanFoto: thinkstock


Ia menyebut yoga amat dianjurkan untuk ibu hamil karena bisa merilekskan pikiran dan meredakan kecemasan ibu jelang melahirkan. Namun, lagi-lagi dr Michael mengingatkan untuk tidak memaksakan diri secara berlebihan dan menimbulkan keluhan sakit yang tidak biasa.

"Tentang yoga hamil yang dilakukan tentunya aman dilakukan selama berada di bawah pengawasan instruktur yang kompeten," kata dr Michael.

Mengutip American Academy of Pediatrics, disebutkan sebelumnya oleh spesialis kandungan, dr Febriansyah Darus, SpOG, bahwa ibu yang rajin berolahraga juga akan memiliki anak dengan tingkat IQ yang lebih tinggi. Karena ketika berolahraga jantung akan memompa darah lebih cepat sehingga kadar oksigen akan lebih banyak dan terkirim ke bayi secara lebih maksimal.

Ini Saran Dokter Soal Olahraga Jelang MelahirkanFoto: thinkstock


Baca juga: Olahraga Seperti Ini Dianjurkan untuk Ibu Hamil

(hrn/vit)