Hamil Tapi Tetap Berpuasa? Begini Caranya Mengatur Nutrisi

ADVERTISEMENT

Hamil Tapi Tetap Berpuasa? Begini Caranya Mengatur Nutrisi

Aisyah Kamalia - detikHealth
Selasa, 06 Jun 2017 03:16 WIB
Meski hamil, puasa tetap bisa dilakukan (Foto: thinkstock)
Jakarta - Tetap puasa saat hamil sebenarnya boleh-boleh saja dilakukan. Yang penting sudah dikonsultasikan dengan dokter, dan kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Systematic Review 2014 menyebut, 60-90 persen ibu hamil di berbagai negara seperti Iran dan Amerika Serikat memutuskan untuk tetap berpuasa. Tentu saja, ibu hamil dan menyusui butuh persiapan yang benar-benar matang, sebab nutrisi yang diasupnya dibutuhkan pula oleh sang buah hati.

"Ketika sahur, ada baiknya untuk menyantap makanan yang berkuah dan karbohidrat kompleks. Jangan makanan yang manis, ini menyebabkan rasa cepat lapar karena mereka mudah diserap tubuh," tutur dr Dian Permatasari M.Gizi, SpGK dalam temu media di Aston Kuningan Suites, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Baca juga: Infografis: Mengatur Kebutuhan Minum 8 Gelas Sehari Saat Puasa

Menjelang imsya, dianjurkan pula untuk mengonsumsi cemilan sebagai tambahan nutrisi. Cemilan yang dipilih juga harus yang sehat, misalnya biskuit.

Demikian juga saat berbuka puasa, ibu hamil dan menyusui juga dianjurkan mengonsumsi makanan manis untuk mengembalikan cadangan gula yang hilang saat puasa. Sebaiknya, beri jeda untuk mengonsumsi makanan yang lebih berat.

Baca juga: Asupan Tepat Bagi Ibu Hamil dan Menyusui Saat Berpuasa

Makanan berat bisa juga disantap selepas salat Tarawih. Namun pada malam hari, sebaiknya porsinya tidak berlebihan.

"Di waktu ini, Anda bisa memakan makanan seperti sandwich misalnya," kata dr Dian.



Baca juga: Ibu Hamil yang Mengalami Kaki Bengkak, Bolehkah Berpuasa? (up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT