Kamis, 22 Jun 2017 05:14 WIB

Idap Placenta Accreta, Kim Kardashian 'Sewa Rahim' untuk Anak Ketiga

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kim Kardashian dan salah seorang anaknya, North West (Dok: Getty Images) Kim Kardashian dan salah seorang anaknya, North West (Dok: Getty Images)
Jakarta - Pasangan Kim Kardashian dan Kayne West berencana ingin punya anak ketiga. Namun komplikasi pada kehamilan terdahulu membuat pasangan ini berpikir tentang ibu pengganti atau surrogate mother.

Situs TMZ melaporkan, pasangan ini telah menyewa ibu pengganti dengan biaya US$ 45.000 atau sekitar Rp 590 juta untuk periode 10 bulan. Mereka juga harus membayar deposit US$ 68.850 atau lebih dari Rp 901 juta kepada agensi sebagai depositnya.

Kabar ini berembus bukan tanpa alasan. Pada kehamilan sebelumnya, Kim dilaporkan mengidap placenta accreta. Kondisi ini membuat plasenta sulit terlepas dari rahim saat persalinan, sehingga berisiko tinggi memicu perdarahan hebat.

"Aku ingin anak-anakku punya saudara, tapi dokter merasa itu tidak aman buatku," kata Kim dalam salah satu episode 'Keeping Up with the Kardashians', dikutip dari Livescience.

"Aku berpikir dan selalu tahu bahwa surrogacy adalah sebuah piliham tapi tidak berpikir ini sebuah pilihan yang realistis.. Sekarang aku merasa ini kenyataanku. Aku merasa surrogacy benar-benar salah satu pilihan lain yang aku punya," katanya.

Baca juga: Alasan Wanita-wanita Ini Sewakan Rahim Sebagai Ibu Pengganti

Ini bukan kali pertama Kim mengungkap adanya masalah dengan kesehatan reproduksinya. Ketika melahirkan anak pertamanya, North West (4), ia didiagnosis mengidap preeklampsia atau sering disebut juga keracunan kehamilan.

Tekanan darah yang meningkat saat hamil membuat North harus dilahirkan pada pekan ke-34, atau sekitar 6 pekan lebih awal. Proses persaliannya pun melibatkan proses induksi, seperti dikutip dari E!.

Kim Kardashian juga mengalami preeklampsia pada kehamilan terdahuluKim Kardashian juga mengalami preeklampsia pada kehamilan terdahulu (Foto: Jason Merritt / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)


Surrogate mother atau ibu pengganti pada prinsipnya adalah seorang perempuan yang mengandung anak orang lain. Ia bukan ibu biologis dari anak tersebut. Pembuahan dari sel telur dan sperma orang tua yang sesungguhnya dilakukan di laboratorium dengan teknik in vitro fertilization (IVF), lalu ditanam di rahim ibu pengganti.

Selain pasangan Kim dan West, sederet pesohor juga dilaporkan menggunakan jasa ibu pengganti. Di antaranya adalah Jimmy Fallon dan istrinya Nancy, Sarah Jessica Parker dan suaminya Matthew Broderick, juga Nicole Kidman dan suaminya Keith Urban. Bahkan dikabarkan, bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo juga punya anak dari surrogate mother.

Baca juga: Anak Kembar Cristiano Ronaldo Dikabarkan Lahir Dari Ibu Pengganti, Apa Itu?

(up/up)
News Feed