Senin, 16 Apr 2018 12:09 WIB

Saat Berolahraga, Lebih Baik Pakai AC atau Tidak?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Lebih baik olahraga di ruangan ber-AC atau tidak ya? Foto: thinkstock Lebih baik olahraga di ruangan ber-AC atau tidak ya? Foto: thinkstock
Jakarta - Sebagian orang memilih untuk berolahraga di dalam ruangan yang memiliki AC atau air conditioner, sebagian lain lebih suka di luar ruangan. Sebenarnya lebih baik yang mana ya?

Ranveer Allahbadia, pelatih kebugaran terkenal di India yang sering melatih sederet artis di negara tersebut, menyebutkan bahwa berolahraga di manapun tak jadi masalah.

"Yang perlu kamu prioritaskan adalah kenyamanan. Yang paling penting adalah kamu benar-benar bangun dan keluar untuk berolahraga. Pakai AC atau nggak pakai AC, nggak ada bedanya," ungkap Ranveer, dikutip dari Times of India, Senin (16/4/2018).


Ketika berolahraga, Ranveer memang lebih menyukai berolahraga di luar ruangan. Alasannya karena AC menghalangi aliran udara segar dan membuatnya seakan menghirup udara yang sama berkali-kali, padahal udara segar penting saat berolahraga.

Meski begitu Ranveer juga tidak mempermasalahkan berolahraga di dalam ruangan ber-AC apabila ada ventilasi yang tepat agar udara dapat mengalir.

"Aku justru lebih banyak berolahraga di dalam studio ber-AC. Mengingat di negara kita yang seperti ini, kayaknya susah berolahraga tanpa AC," katanya lagi.

Baginya, berolahraga di cuaca panas seperti di India bisa berbahaya. Ranveer menyebut akibatnya dapat membuat kita ngos-ngosan dan tidak dapat berolahraga dengan benar, serta tenaga yang dapat kita keluarkan sangat terbatas akibat badan yang ikut panas.


Menyoal berkeringat sedikit saat berolahraga dengan AC, Ranveer menyebut berkeringat lebih tidak ada hubungannya dengan kebugaran atau membakar kalori lebih banyak.

"Keringatan itu genetik. Jumlah pori-pori keringat kita itulah yang membuat kita berkeringat atau tidak," pungkasnya.

(Frieda Isyana Putri/up)
News Feed