Selasa, 29 Mei 2018 16:28 WIB

Cara Menghentikan Kram Otot pada Kaki

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kram otot rasanya sangat menyiksa (Foto: thinkstock) Kram otot rasanya sangat menyiksa (Foto: thinkstock)
Jakarta - Kram otot terjadi ketika otot tanpa sadar berkontraksi dengan sendirinya. Berbagai hal bisa menyebabkan kram otot, seperti karena otot lelah atau terlalu sering digunakan, karena tubuh kamu mengalami dehidrasi, atau karena kamu tidak mendapatkan cukup elektrolit, seperti kalium atau magnesium.

Cairan dapat membantu tubuh memproses mineral, di mana mineral dapat membantu otot-otot bekerja lebih lancar. Dikutip dari Healthline, ada beberapa solusi yang bisa kamu coba sendiri untuk mengatasi kram otot pada kaki.



1. Peregangan

Rilekskan otot yang kram. Hentikan aktivitas apa pun yang dapat menyebabkan kram dan meregangkan otot dengan lembut. Lalu, pijat otot saat meregang.

2. Magnesium

"Rekomendasi pertama saya untuk pasien yang datang dengan keluhan kram pada kaki adalah konsumsi magnesium,"" kata Sarah Thompson, seorang Doula dan ahli akupuntur di Sacred Vessel Acupuncture.

Jika kamu suka mengalami kram otot, kamu dapat mencoba menambahkan lebih banyak magnesium ke dalam daftar menu makanan sehari-hari, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian karena mereka adalah sumber magnesium yang sangat baik.

3. Rendam ke dalam air hangat

Banyak profesional seperti pelatih dan ahli terapi fisik merekomendasikan penggunaan magnesium di luar tubuh dalam bentuk garam Epsom (garam yang mengandung magnesium dan sulfur). Garam ini bisa diterapkan pada kain basah dan ditekan ke otot yang kaku atau kram, atau kamu juga dapat menambahkan garam tersebut ke air hangat untuk berendam.

"Jika kamu tidak berada di dekat bak mandi, ambilah bantal pemanas," kata Personal Trainer bersertifikat, Shane Allen.

4. Hidrasi

Cara lain yang bisa menghentikan kram pada kaki adalah konsumsi banyak cairan. Mungkin memang perlu waktu lebih lama untuk mengatasi rasa kram, tetapi setelah kamu banyak mengonsumsi air atau minuman yang mengandung elektrolit, maka akan dapat mencegah kram yang lain.

5. Dengan bergerak

"Jika kamu mengalami kram kaki, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan berjalan-jalan," kata Personal Trainer bersertifikat, Henry Halse. "Ini akan mengirimkan sinyal bahwa otot kamu perlu berkontraksi dan kemudian bersantai. Anggap saja seperti menekan tombol reset pada otot". Halse menyarankan untuk selalu memijat bagian yang kram dengan rutin.

(up/up)
News Feed