Senin, 11 Jun 2018 14:45 WIB

Kenalkan KBG48, Grup Idol Jepang Beranggotakan Para Lansia Bugar

Firdaus Anwar - detikHealth
Siapa sangka usia 80 tahun ke atas juga bisa jadi idol.(Foto: CNN) Siapa sangka usia 80 tahun ke atas juga bisa jadi idol.(Foto: CNN)
Jakarta - Grup idol biasanya beranggotakan para artis muda yang cantik-cantik atau tampan. Namun berbeda dengan KBG48, grup idol asal Okinawa, Jepang, ini isinya adalah para lansia di atas 80 tahun yang masih super bugar.

Menggunakan prinsip 'ikigai' atau semangat untuk hidup, para anggota KBG48 menari dan menyanyi seperti grup idol pada umumnya. KBG48 bahkan beberapa kali melakukan konser tur mulai dari Tokyo hingga ke Singapura.


Apa rahasia KBG48 bisa hidup aktif di usia tua? Menurut para ahli sebetulnya tidak ada yang spesifik bisa kombinasi dari gaya hidup sehat dan genetik yang bagus. Okinawa memang memiliki populasi lansia yang tinggi bahkan untuk standar Jepang dengan rasioa 50 per 100 ribu penduduk.

"Banyak orang ingin tahu apa yang bisa membuat mereka seperti penduduk Okinawa. Tapi sebetulnya tidak ada rahasia untuk itu," ujar John Roland Beard dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) seperti dilansir CNN dan dikutip Senin (11/6/2018).

Dalam kehidupan sehari-hari para lansia KBG48 masih aktif di rumahnya dengan bekerja di ladang tebu atau menenun. Natsuko Maenaka (84) misalnya ia biasa menenun dan selalu mencoba belajar hal-hal baru sehingga terhindar dari risiko demensia.

Setiap Natsuko menemukan hal baru di televisi ia akan mempelajarinya.

"Saya pernah melihat berita tentang saudara Kim Jong Un yang dibunuh di Malaysia. Saya tidak tahu itu di mana jadi saya langsung coba mencarinya di peta," kata Natsuko.

Nah buat kamu yang juga ingin awet muda, gaya hidup para anggota KBG48 ini sepertinya bisa jadi panutan nih!
(fds/up)
News Feed