Rabu, 13 Jun 2018 03:26 WIB

Lebaran Nggak Mudik? Olahraga Saja Yuk

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Halaman 1 dari 6
Polwan bersepeda dalam pelepasan gowes mudik 2018 di Korlantas Polri baru-baru ini (Foto: Uyung/detikHealth) Polwan bersepeda dalam pelepasan gowes mudik 2018 di Korlantas Polri baru-baru ini (Foto: Uyung/detikHealth)
Jakarta - Lebaran tinggal menghitung hari, Jakarta mulai ditinggal mudik oleh sebagian besar penghuninya. Lalu lintas yang biasa macet dan penuh polusi akan terasa lebih lengang, sebuah kemewahan bagi yang mendambakan udara bersih di ibukota.

Bagi yang senang bersepeda di jalan raya, polusi dan kemacetan adalah tantangan sehari-hari yang harus dihadapi. Terlebih, tidak banyak jalur khusus bersepeda yang tersedia saat ini. Kondisi ini akan berubah dalam beberapa hari ke depan.



Prediksi Jasa Marga, akan ada lebih dari 1,4 juta kendaraan akan meninggalkan Jakarta di musim mudik kali ini. Itu baru yang lewat tol. Sementara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut, hingga H-3 kemarin sudah dua pertiga dari perkiraan total 19 juta pemudik tahun ini, telah meninggalkan Jakarta.



Soal polusi udara, sumber bergerak seperti kendaraan bermotor memberikan kontribusi sekitar 80 persen. Kalau separuh saja kendaraan di ibukota mudik ke kampung halaman masing-masing, maka dalam beberapa hari polusi akan berkurang 30-40 persen.



Apa untungnya bagi kamu-kamu yang senang olahraga? Berikut ini detikHealth merangkum alasannya. (up/up)
News Feed