Jumat, 22 Jun 2018 10:20 WIB

Supaya Nggak Gampang Haus Saat Berolahraga, Begini Tipsnya!

Suherni Sulaeman - detikHealth
Tips enggak gampang haus saat berolahraga. Foto: Thinkstock Tips enggak gampang haus saat berolahraga. Foto: Thinkstock
Jakarta - Tubuh membutuhkan cairan lebih banyak saat sedang berolahraga atau melakukan latihan fisik. Sebab, apabila kekurangan cairan alias dehidrasi saat berolahraga, maka gejala yang muncul berupa rasa haus yang membuat tubuh menjadi lemas atau pusing. Alhasil, olahraga pun tak optimal.

Oleh karena itu, untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi, terutama ketika berolahraga. Ikuti beberapa tips berikut ini seperti dikutip dari Indian Express. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini:


1. Selalu bawa air minum

Ketika Anda hendak melakukan olahraga, hal terpenting yang harus Anda ingat adalah membawa air minum. Anda diwajibkan untuk selalu membawa botol berisi air minum. Selain Anda akan membiasakan Anda untuk rajin minum air, membawa minum sendiri dinilai aman dan higienis.

2. Hindari minuman bersoda

Tak sedikit orang sengaja minum minuman bersoda saat dan setelah olahraga karena memicu sensasi segar setelah meminumnya. Meskipun hanya mengonsumsi sedikit, sebaiknya hindari. Minum soda saat atau setelah olahraga akan membuat perut kembung. Kondisi ini tentu membuat olahraga menjadi tidak maksimal.

3. Kurangi kafein

Jika ingin olahraga Anda optimal. Maka dari sekarang Anda harus mengurangi kafein seperti teh dan kopi. Ditambah Anda juga harus beralih dari makanan olahan ke makanan sehat. Ini dikarenakan, minuman berkafein dan makanan olahan memiliki kandungan air yang rendah dan tentu akan membuat tubuh Anda dehidrasi.

4. Minum air kelapa

Air merupakan elemen yang sangat penting untuk tubuh manusia. Terlebih air membantu Anda terhidrasi di musim panas. Namun H2O atau air tidak cukup untuk Anda, jadi minumlah air kelapa yang kini sudah tersedia di mana-mana, sehingga membuat Anda lebih segar sepanjang hari.

5. Mengonsumsi buah dan sayuran

Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran musiman seperti jeruk, semangka, leci dan mentimun dianjurkan karena buah dan sayuran tersebut kaya akan kandungan air.

6. Hindari alkohol

Memang jarang ditemukan seseorang meminum alkohol sebelum berolahraga. Alkohol sendiri dapat membuat seseorang mengalami dehidrasi. Jadi, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika Anda meminum alkohol sebelum berolahraga.

=
(hrn/up)
News Feed
CNN ID World Now
×
World Now
World Now Selengkapnya