Jumat, 22 Jun 2018 13:16 WIB

Gokil! Pria Ini Gowes dari India ke Rusia demi Bertemu Messi

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Foto: Clifin Francis via BBC Foto: Clifin Francis via BBC
Jakarta - Kiranya tak ada yang lebih nekat ketimbang pria India satu ini. Clifin Francis bersepeda sejauh enam ribu kilometer ke Rusia hanya untuk menonton idolanya, Lionel Messi, bertanding di laga Piala Dunia 2018 pada Kamis (21/6/2018) kemarin.

Kenekatannya ini bermula dari seorang kawan yang menanyainya apakah ia akan menonton Piala Dunia. Dia menjawab tentu saja dan mungkin ia bakalan traveling ke Rusia untuk menonton pertunjukan hebat tersebut.

Namun saat itu masih bulan Agustus dan ia tak tahu bagaimana caranya membeli tiket pesawat dari Kerala tempatnya tinggal ke Rusia. Sementara ia hanya bekerja sebagai guru matematika freelance yang digaji 40 USD atau setara 563 ribu rupiah sehari.

Setelah berpikir panjang mengenai cara termurah untuk traveling, iapun menemukan jawabannya: bersepeda. Gagasannya sempat tak dipercayai kawan-kawannya, namun ia menyebut keputusannya sudah bulat.

"Aku cinta bersepeda dan aku sangat menggilai sepakbola. Simpelnya aku menggabungkan kedua passion-ku," tutur Francis, seperti dilaporkan BBC.

Perjalanannya dimulai tanggal 23 Februari, dimulai dengan menaiki pesawat ke Dubai. Akan tetapi perjalanannya tidak semulus itu. Ia tak bisa membawa sepedanya ke Dubai dan harus membeli yang baru seharga 700 USD atau 9 juta rupiah.


Selesai di Dubai, Francis lalu menaiki kapal feri ke Iran. Ia mencapai Iran pada tanggal 11 Maret dan menghabiskan 45 hari di negara tersebut namun hanya menginap di hotel dua hari saja.

"(Iran) adalah negara terindah di dunia dan masyarakatnya sangat ramah. Aku cuma punya 10 USD sehari (400 ribu rupiah) untuk digunakan akan tetapi ke manapun aku berkunjung di Iran, orang-orang mengundangku untuk menginap di rumah mereka dan memberiku makanan," katanya lagi.

Dari Iran, ia bertolak ke Azerbaijan di mana ia bermasalah dengan polisi karena kesulitan memverifikasi dokumen perjalanannya. Masalahnya? Karena ia makin kurus akibat bersepeda terus-menerus!

"Aku nggak mirip dengan fotoku di paspor. Hampir delapan jam dihabiskan para polisi untuk memverifikasi, tapi mereka baik," ujar Francis.

Lepas dari Azerbaijan, ia berlanjut ke Georgia, namun sayangnya ditolak masuk ke negara tersebut. Kejadian tersebut membuat Francis galau, karena ia tak bisa kembali ke Azerbaijan disebabkan ia hanya punya visa sekali masuk ke sana.

Seharian dia 'stuck' di area tak bertuan antara Georgia dan Azerbaijan sampai akhirnya diberikan visa darurat dari Azerbaijan untuk masuk kembali. Ia harus memutar otak untuk menemukan rute lain demi mencapai Rusia.

Pada 5 Juni, ia memutuskan untuk melewati perbatasan Azerbaijan dengan Rusia lewat daerah Dagestan. Bahasa menjadi problem utama karena jarang orang berbahasa Inggris di sana.


"Orang-orang pada kaget lihat orang India naik sepeda masuk ke area mereka. Lagi-lagi aku pakai bahasa universal dari bola dan film untuk membuat orang terbuka padaku."

Kini dilaporkan Francis telah tiba di kota Tambov, 460 km dari Moscow lewat darat. Ia harus tiba di sana pada tanggal 26 Juni untuk menonton pertandingan antar Perancis VS Denmark karena ia hanya mendapatkan tiket pada pertandingan tersebut.

[Gambas:Instagram]


Namun ia juga mendukung Argentina, karena ia sangat memfavoritkan Lionel Messi. Baginya adalah sebuah mimpi untuk bertemu dengan legenda sepakbola tersebut dan membubuhkan tanda tangannya di sepeda miliknya.

Lewat perjalanannya, Francis berharap dapat menginspirasi orang-orang mengenai sepakbola dan kebugaran. Karena dengan bersepeda mengembalikan kebutuhan primitif kita, imbuhnya.

Ia juga berharap untuk melihat India bermain untuk Piala Dunia suatu hari nanti. Dan itu hanya bisa terjadi saat makin banyak anak-anak yang berlatih sepakbola di India.

"Aku sangat optimis pada kesempatan kami dalam 20 tahun ke depan. Aku sangat senang jika perjalananku berakhir menjadi inspirasi bahkan bagi satu anak saja untuk bermain sepakbola di India," tutupnya.

(frp/up)
News Feed