Sabtu, 07 Apr 2018 11:09 WIB

Ingin Memaksimalkan Manfaat Bersepeda, Ini Tips dari Thomas Bruin

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Tips bersepeda ala Thomas Bruin. Foto: Reza/detikHealth Tips bersepeda ala Thomas Bruin. Foto: Reza/detikHealth
Jakarta - Sebagai juara perlombaan duathlon internasional, Thomas Bruin tak asing dengan olahraga sepeda. Menurutnya, bersepeda adalah olahraga yang sangat baik karena bisa dilakukan siapa saja.

Kunci utama agar manfaat bersepeda maksimal menurut Bruin adalah repetisi. Semakin lama dan semakin banyak mengayuh sepeda, manfaat yang didapat akan semakin besar.


"Sepeda adalah olahraga yang dampaknya berbanding lurus dengan seberapa besar latihan yang Anda lakukan, seberapa jauh dan seberapa sering Anda mengayuh," tutur Bruin kepada detikHealth, ditemui di Fitness First, Pacific Place, Jakarta Selatan, Jumat (6/4/2018).

Bruin mengatakan interval training adalah salah satu jenis latihan sepeda yang bisa memaksimalkan manfaat bersepeda. Interval training dilakukan dengan cara mengatur intensitas dari tinggi ke rendah secara berkala.

"Dengan begitu Anda bisa mengatur kecepatan sekaligus melatih stamina, karena latihan dilakukan secara bergantian dari berat ke ringan, kembali lagi ke berat, begitu seterusnya," tambah pria asal Belanda ini.

Terakhir, Bruin mengatakan konsistensi penting dalam bersepeda. Ia menuturkan dalam cabang olahraga apapun, jika tak dilakukan secara konsisten, maka manfaatnya tidak akan maksimal.

"Tidak ada yang berhasil menjadi baik hanya dalam waktu satu malam. Anda harus berlatih siang dan malam, bekerja keras dan konsisten, untuk mendapatkan hasil yang maksimal," tutupnya.

(mrs/up)
News Feed