Kamis, 17 Mei 2018 19:29 WIB

Puasa, Djarot Tetap Olahraga Renang dan Lari Treadmill

Firdaus Anwar - detikHealth
Meski puasa, Djarot tetap rajin olahraga renang dan treadmill. Foto: Rachman Haryanto Meski puasa, Djarot tetap rajin olahraga renang dan treadmill. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Memasuki bulan Ramadan, beberapa orang mungkin membatasi aktivitas fisiknya agar tidak mengganggu ibadah puasa. Namun demikian hal tersebut tidak berlaku untuk Calon gubernur Sumatra Utara (Sumut) Djarot Saiful Hidayat.

Berbicara kepada detikHealth, Djarot mengaku masih sempat olahraga di tengah kesibukannya sambil puasa. Olahraga apa yang dijalaninya seperti lari treadmill atau berenang.


"Olahraga ringan paling treadmill... Berenang, it's okay," kata Djarot, Kamis (17/5/2018).

Hanya saja memang Djarot melakukan olahraga tersebut pada waktu khusus yaitu sore hari. Tujuannya agar tidak terlalu lelah kehabisan tenaga sampai nanti waktu berbuka.

"Treadmill pun saya enggak berani pagi, nanti pas mau buka. Kalau saya, saya sarankan olahraga saat puasa itu sore hari," lanjutnya.

Hal serupa juga diucapkan oleh praktisi kesehatan olahraga, dr Rachmad Wishnu Hidayat, SpKO. Menurut dr Wishnu sebaiknya olahraga saat puasa dilakukan dengan intensitas yang ringan untuk menghindari risiko cedera.

"Latihannya jangan jogging dulu tapi, misalnya jalan agak lebih cepet dari biasanya, beberapa minggu kemudian ditambah lagi kecepatannya dan seterusnya. Kalau mau bersepeda, sepeda santai saja dulu, jangan langsung mengayuhnya cukup cepat ditambah mengayuhnya ditanjakan, yang ada malah cedera," imbuh dr Wishnu.




(fds/up)
News Feed