Jumat, 09 Nov 2018 09:17 WIB

Saran Dokter Biar Tak Sakit Meski Harus Kerja Keras

Yoga Radyan Nalendra - detikHealth
Terlalu sibuk bekerja bikin seseorang jadi kurang gerak (Foto: iStock) Terlalu sibuk bekerja bikin seseorang jadi kurang gerak (Foto: iStock)
Jakarta - Tuntutan hidup kadang mengharuskan seseorang untuk terlalu banyak bekerja (overworked). Akibatnya pola makan jadi tidak sehat (overeating) dan banyak pikiran lalu kewalahan menghadapi kenyataan (overwhelmed).

Oleh dr Grace Joselini, denerasi milenial yang mengalami kondisi ini disebut Generasi O. Mereka rentan mengalami penyakit kronis akibat gaya hidup yang tidak sehat.

"Jangka panjang perilaku di Generasi O ini akan memicu penyakit kardiovaskular. Bahkan 3,2 juta penyakit di dunia itu disebabkannya karena kurang bergerak," ujar dokter timnas sepakbola Wanita Indonesia tersebut, ditemui di sela-sela acara di kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis (8/11/2018).



Berbagai penyakit yang menyerang generasi O menurut dr Grace antara lain diabetes dan penyakit jantung. Keduanya disebabkan oleh asupan makan yang tidak sehat, ditambah gaya hidup kurang aktif karena lebih banyak duduk.

Bagaimana mencegahnya? Menurut dr Grace, menyeimbangkan diri dengan rajin olahraga adalah pilihan yang baik. Sempatkan 30 menit sehari untuk berlari, misalnya.

"Bisa dimulai dengan hal sederhana seperti beraktivitas fisik, memperbanyak asupan buah dan sayur serta menjaga pikiran agar tidak kewalahan dalam bekerja," tambahnya.

(up/up)
News Feed