Minggu, 24 Feb 2019 00:19 WIB

Piloxing, Olahraganya Salmafina Sunan yang Bisa Bakar 1.200 Kalori

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Seorang instruktur memandu sesi olahraga Piloxing (Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth) Seorang instruktur memandu sesi olahraga Piloxing (Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth)
Jakarta - Beberapa waktu lalu, selebgram Salmafina Sunan memamerkan sebuah olahraga unik yang baru mulai ditekuninya. Putri pengacara kondang Sunan Kalijaga ini rupanya tengah menjajal Piloxing.

"Sangat cocok untuk anda yang lagi menyimpan amarah. Terbukti mampu menjadi alternatif dalam mengatasi amarah terhadap pasangan, teman, rekan kerja, dll," tulis Alma dalam satu unggahannya di Instagram, menggambarkan betapa serunya olahraga Piloxing.

Olahraga apa sih piloxing itu? Seorang instruktur Piloxing dari Singapura, Rasidah Caudal menjelaskan kepada detikHealth saat ditemui di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

"Piloxing is a fusion workout dengan 3 disciple fitness, di antaranya boxing, pilates dan dance," ujar Rasidah.

Rasidah menambahkan, piloxing awalnya berasal dari Amerika Serikat yang dipelopori oleh Viveca Jensen dan baru merambah ke Asia pada tahun 2014.

"Dengan melakukan these 3 dicipline, maka kalori yang di bakar juga akan lebih banyak. dengan elemen boxing-nya juga bisa memperkuat massa otot," tutur Andien Sahad yang juga instruktur Piloxing dari Malaysia saat ditemui di kesempatan yang sama.



Jumlah kalori yang bisa dibakar dalam satu sesi piloxing mencapai 1.200 kalori. Satu sesi Piloxing memakan waktu 45-60 menit.

"Manfaat Piloxing mampu bakar kalori, memperkuat massa otot, challenge your heart by cardio," jelas Andien.

Kelebihan lain dari Piloxing adalah memperbaiki postur tubuh dan juga berkontribusi dalam kesehatan mental lho.

"Piloxing bisa memberikan kamu kepercayaan diri. Saat berlatih keseimbangan, kepercayaan diri juga ikut bertambah. Juga, piloxing bisa memperbaiki postur tubuh," pungkas Rasidah.

(kna/up)