Jumat, 29 Mar 2019 15:10 WIB

Pantang Menyerah, Sutopo BNPB Lawan Kanker dan Skoliosis dengan Yoga!

Rosmha Widiyani - detikHealth
Sutopo tengah latihan yoga (Foto: twitter) Sutopo tengah latihan yoga (Foto: twitter)
Jakarta - Latihan yoga dipilih Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, untuk mengatasi skoliosis yang dialaminya. Tulang punggung yang menjadi serupa huruf S atau C ini, mulai dialami Sutopo saat menjalani pengobatan kanker paru stadiun IV.

"Tulang bengkok atau skolisosis itu ternyata menyakitkan. Belajar yoga saya lakukan agat tubuh lebih nyaman," tulis Sutopo dalam akun Twitternya, Jumat (29/3/2019).



Sutopo mengatakan, usaha mengurangi rasa sajut nyeri tulang ternyata tidak mudah. Namun yang namanya usaha, tentu berbagai cara harus dilakukan agar sehat kembali. Tak lupa, Sutopo juga menanyakan kabar dan kesehatan warganet hari ini.

Unggahan Sutopo mendapat respon positif dari warganet yang menulis di kolom komentar. Warganet umumnya mendoakan Sutopo segera pulih seperti semula tanpa ada sisa penyakit di tubuhnya. Warganet juga berharap Sutopo selalu dalam berkat dan perlindungan Tuhan Yang Maha Esa.

"Semoga Tuhan melepaskan rasa sakit dari tubuh pak Sutopo... diberi kesembuhan seperti sediakala... Tuhan Mmemberkatimu pak, agar kembali beraktivitas seperti semula.

Sementara warganet lain menuliskan, posisi yoga Sutopo adalah child pose yang baik untuk tulang belakang. Dikutip dari Yoga Basics child pose disebut balasana yang merupakan pose umum bagi pemula. Pose ini juga digunakan dalam jeda antar pose untuk mengistirahatkan tubuh. Pose ini digunakan untuk menjaga kesehatan pinggul, paha, dan pergelangan kaki sekaligus mengurangi stres dan lelah.

Simak aksi Sutopo belajar yoga dalam video berikut:

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)
News Feed