Jumat, 26 Apr 2019 07:22 WIB

Sadel Rawan Dicuri, Pesepeda Keluhkan Minimnya Tempat Parkir di Stasiun

Rosmha Widiyani - detikHealth
Pegowes yang menggunakan KRL kesulitan menitipkan sepedanya (Foto: Agung Pambudhy) Pegowes yang menggunakan KRL kesulitan menitipkan sepedanya (Foto: Agung Pambudhy)
Topik Hangat Susahnya Parkir Sepeda
Jakarta - Bersepeda dianggap menjadi salah satu cara menerapkan pola hidup sehat yang paling sederhana. Sayangnya infrastruktur belum sepenuhnya mendukung kebiasaan positif ini, salah satunya ketiadaan lahan parkir di stasiun bagi komuter yang menggunakan sepeda sebelum naik commuter line.

Keluhan soal minimnya fasilitas parkir di stasiun kereta antara lain disampaikan oleh Poetoet Soedarjanto, ketua Bike to Work (B2W) Indonesia.

"Tanpa lahan parkir yang aman dan legal ada anggota komunitas kita yang mengeluhkan sadelnya hilang. Ada juga yang sepedanya hilang sehingga harus rakit ulang," kata Ketua B2W Indonesia Poetoet Soedarjanto pada detikHealth, Kamis (25/4/2019).

"Mungkin ada stasiun yang menyediakan rak atau parkirnya digabung dengan motor, tapi ini belum cukup karena kita harus yakin sepeda betul-betul aman," lanjutnya.


Di beberapa kota seperti Kopenhagen, Denmark, ada gerbong khusus untuk komuter bersepeda.Di beberapa kota seperti Kopenhagen, Denmark, kereta menyediakan gerbong khusus untuk komuter bersepeda. Foto: AN Uyung Pramudiardja/detikHealth


Dalam pengamatannya Poetet, hanya Gambir satu-satunya stasiun yang memiliki tempat parkir untuk sepeda. Namun dia belum mengetahui kondisi parkir khusus sepeda tersebut saat ini. Ketiadaan lahan parkir kadang mengakibatkan sepeda digeletakkan begitu saja dengan tingkat keamanan minim.

Poetoet saat ini terus melakukan sosialisasi dengan PT KAI terkait pentingnya penyediaan lahan parkir. Ia juga tengah menggalang dukungan lewat petisi.

Kendati terus mendorong penyediaan lahan parkir, Poetoet sadar sarana mungkin tersedia dalam waktu dekat. Karena itu, B2W akan memaksimalkan sarana yang ada tanpa menganggu kebiasaan bersepeda tiap hari. Misal memanfaatkan lahar parkir yang disediakan penduduk sekitar stasiun. Bagi yang harus menggunakan parkiran stasiun, Poetoet menyarankan memastikan keamanannya terlebih dulu misal parkir dekat pos keamanan.

Poetoet yakin kebiasaan bersepeda sebetulnya bisa terus dilakukan dengan sarana yang ada. Namun ketersediaan lahan parkir akan meningkatkan ketertarikan warga untuk bersepeda menuju stasiun. Kebiasaan bersepeda akan menurunkan penggunaan kendaraan motor, kemacetan, tingkat polusi, dan tentunya memperbaiki kesehatan warga.



Galau memikirkan hidup di umur 20-30an? Simak obrolan dengan psikolog dalam video Bicang Sehat berikut:

[Gambas:Video 20detik]

Sadel Rawan Dicuri, Pesepeda Keluhkan Minimnya Tempat Parkir di Stasiun
(up/up)
Topik Hangat Susahnya Parkir Sepeda