Rabu, 01 Mei 2019 13:53 WIB

Doyan Makan Nasi Padang Kayak Setya Novanto? Ada Tips Sehatnya Lho!

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Nasi padang. Foto: Twitter Nasi padang. Foto: Twitter
Jakarta - Baru-baru ini Setya Novanto menimbulkan tanda tanya lantaran 'kepergok' muncul di sebuah restoran nasi padang di kawasan RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Padahal pria tersebut seharusnya sedang menjalani masa tahanannya di Lapas Sukamiskin Bandung.

Usut punya usut, rupanya Novanto sedang menjalani pengobatan untuk sejumlah penyakit yang diidapnya di rumah sakit tersebut. Mengingat nasi padang terkenal akan tinggi kalori dan kolesterol, memiliki komplikasi penyakit seperti Setya Novanto nampaknya tidak terlalu disarankan untuk mengonsumsinya.


Namun jika kamu sehat-sehat saja dan memang sedang ngidam makan nasi padang, tidak ada masalah. Dengan catatan, ahli gizi menyarankan walau doyan makan nasi padang sebaiknya dibatasi hanya seminggu sekali saja.

"Kalau misalnya nggak obesitas terus lagi pengin makan padang ya seminggu sekali boleh lah tapi kalau sudah obese baiknya menunya dipilih-pilih dulu," kata spesialis gizi klinis RS Universitas Indonesia, dr Anna Maurina Singal, MGizi, SpGK saat dijumpai beberapa waktu lalu.

Mengurangi porsi nasi padang menjadi seperempat piring saja bisa membantu mengendalikan kalori yang diasup agar tidak berlebihan. Kalori yang berlebihan bisa menyebabkan kegemukan yang menjadi faktor risiko terbesar diabetes, yang disebut sebagai salah satu penyakit yang diidap Novanto.

"Kemudian hewaninya pilih misalnya ayam bakar atau sesekali boleh ayam pop karena ada santannya. Kalau makan rendang, kelapanya disisihkan jadi benar-benar otot daging sapi saja. Pilih yang nggak diolah berlebihan jadi sayur singkong kan. Jangan lupa pesen jus tapi nggak pakai gula," pungkasnya.


Doyan Makan Nasi Padang Kayak Setya Novanto? Ada Tips Sehatnya Lho!


(frp/ask)