Jumat, 17 Mei 2019 13:15 WIB

Keren! Ini Daftar Lagu Wawan Buat Nge-dance Plus Pangkas Bobot 40 Kg

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Wawan asal Malaysia yang viral. Foto: Tangkapan layar Twitter Wawan asal Malaysia yang viral. Foto: Tangkapan layar Twitter
Jakarta - Seorang pria asal Johor, Malaysia, menjadi viral berkat video transformasinya memangkas bobot dari 154 kilogram (Kg) hingga 115 Kg selama 7 bulan dengan menari pakai lagu K-Pop. Muhammad Shahrizuan bin Hamzan (22) atau akrab disapa Wawan ini menargetkan turun hingga 70 Kg dengan menari dan diet simpel.

"Nggak cuma K-Pop, aku juga bisa nari dengan lagu lain seperti lagu berbahasa Inggris atau Malay. Asal selama lagu itu ada koreografinya. Sebelum diet aku juga sering menari dan upload videonya ke Instagram," kisahnya saat dihubungi detikHealth, baru-baru ini.

Wawan melakukan olahraga menari ini selama tiga kali dalam seminggu. Di bulan Ramadhan ini ia bahkan membuat tantangan menari selama 30 hari, dengan daftar lagu yang telah dipilihkan oleh para pengikutnya di Instagram. Misalnya seperti:

1. Kill This Love - BlackPink
2. Asereje - Las Ketchup
3. Taki Taki Rumba - Selena Gomez
4. Baby One More Time - Britney Spears
5. I Am The Best - 2Ne1

Beberapa lagu K-Pop seperti Kill This Love yang dibawakan oleh girlband populer BlackPink ada dalam daftar tersebut. Koreografi yang dilakukan BlackPink memang terkenal sangat energik dan bisa menguras keringat.

Daftar lagu yang ditarikan oleh Wawan di bulan Ramadhan ini.Daftar lagu yang ditarikan oleh Wawan di bulan Ramadhan ini. Foto: dok. Pribadi Wawan


Menari sebagai olahraga bukanlah hal asing, ada beberapa olahraga yang menggunakan tarian seperti zumba misalnya. Sebuah studi dalam Journal of Physiological Anthropology mengungkapkan bahwa program latihan tari aerobik sangat membantu untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kekuatan aerobik sama seperti bersepeda dan jogging.

"Jika kamu merasa tegang atau stres, menari sangatlah tepat untuk mengurangi rasa tersebut. Dalam studi terkendali di Journal of Applied Gerontology, peneliti menemukan bahwa menari dengan berpasangan dan iringan musik dapat meredakan rasa stres," demikian dilaporkan situs Everyday Health.

Menurut sebuah studi di The New England Journal of Medicine, menari dapat meningkatkan memori dan mencegah timbulnya demensia atau pikun di usia tua nantinya. Sains mengungkapkan bahwa latihan aerobik bisa membalikkan kehilangan volume di hippocampus, bagian dari otak yang mengendalikan memori kita.

Hippocampus secara alamiah akan menyusut seiring bertambahnya usia, yang seringnya menimbulkan kerusakan memori dan terkadang demensia. Menari juga bisa menaikkan rasa semangat, menurut sebuah studi yang diujikan pada orang-orang dengan depresi dan aktivitas yang baik bagi mereka yang berisiko terkena penyakit jantung.




Simak Juga 'Tahu Nggak Sih, Makna Diet Sesungguhnya Apa?':

[Gambas:Video 20detik]


Keren! Ini Daftar Lagu Wawan Buat Nge-dance Plus Pangkas Bobot 40 Kg
(frp/fds)