Sabtu, 22 Jun 2019 14:06 WIB

Tahan Berdiri Hampir 2 Jam, Ini Tips Sehat Ahli IT KPU Marsudi Wahyu Kisworo

Rosmha Widiyani - detikHealth
Marsudi Wahyu Kisworo, ahli IT yang dihadirkan KPU di sidang MK. Foto: Youtube MK Marsudi Wahyu Kisworo, ahli IT yang dihadirkan KPU di sidang MK. Foto: Youtube MK
Jakarta - Sidang gugatan Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) pada Kamis (20/6/2019) menghadirkan ahli IT (Information Technology) Prof Marsudi Wahyu Kisworo. Prof Marsudi adalah salah satu yang merancang sistem teknologi informasi milik Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dalam persidangan, Prof Marsudi menyampaikan seluruh keterangannya dalam posisi berdiri. Selama persidangan yang berlangsung hampir 2 jam tersebut Prof Marsudi terus berdiri di podium, hingga hakim mempersilahkannya duduk jika lelah.

"Nggak apa-apa yang mulia, saya 60 tahun masih fit. Karena tai chi," kata Prof Marsudi yang sempat menjadi konsultan IT di BUMN, perbankan, dan masih aktif mengajar


Selain Prof Marsudi, pendiri raksana bisnis Alibaba Jack Ma juga menyukai tai chi. Olahraga khas China ini mampu mempertahankan kebugaran Jack Ma di usia yang meninjak 54 tahun. Dikutip dari Dikutip dari Medical News Today, gerakan tai chi lebih menekankan pada teknik bertahan dan kesehatan.

Olahraga yang kerap disebut meditasi sambil bergerak ini memang kebanyakan diikuti orang berusia lanjut. Namun dengan gerakannya yang perlahan dan penuh energi, tai chi sebetulnya bisa dilaksanakan di berbagai usia. Gerakan tai chi bisa memperbaiki kontrol keseimbangan, fleksibilitas, dan kualitas tidur.

Dengan manfaat tersebut, tai chi bisa mengurangi risiko jatuh pada usia lanjut. Manfaat lainnya adalah mengurangi risiko sakit kronis dan gangguan jantung yang bisa bisa terjadi sejak usia muda. Manfaat tai chi makin terasa jika ditambah rutin menerapkan pola hidup sehat setiap hari.

(up/up)