Minggu, 21 Jul 2019 12:34 WIB

Anjurkan Olahraga Rutin, Sandiaga Uno Masih Konsisten 22 Menit Sehari

Kintan Nabila - detikHealth
Sandiaga Uno kerap menganjurkan olahraga rutin 22 menit sehari (Foto: Grandyos Zafna) Sandiaga Uno kerap menganjurkan olahraga rutin 22 menit sehari (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Saat menjadi kontestan Pilpres 2019 silam, Sandiaga Uno mengungkap gagasan soal gaya hidup sehat. Ia menyarankan olahraga rutin 22 menit sehari, yang kebetulan sesuai dengan nomor urutnya saat itu yakni 02.

Pilpres sudah berlalu, Sandiaga Uno rupanya masih konsisten dengan gagasannya. Ditemui usai mengikuti Second Chance Charity Run 2019 di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Minggu (21/7/2019), ia kembali menyampaikan pesan tersebut saat dimintai tips hidup sehat.

"Mulai dari yang kecil-kecil saja, 22 menit sehari bergaya hidup aktif sudah sangat membantu," pesan Sandi, sapaan akrabnya.

Sebenarnya, tidak ada panduan baku yang mengharuskan olahraga dilakukan selama 22 menit sehari. Organisasi kesehatan dunia (WHO) dalam anjurannya hanya menyebut aktivitas fisik dengan intensitas sedang selama 150 menit dalam sepekan, atau setara 30 menit sehari selama 5 hari dalam sepekan.



Lho kok cuma 5 hari, kenapa bukan 7 hari? Soal perhitungan ini, praktisi kesehatan olahraga dr Michael Triangto, SpKO dari Klinik Slim and Health RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta punya penjelasan.

"Karena harus ada istirahat untuk recovery dan perbaikan sel-sel dari otot, saraf tulang yang mengalami kerusakan saat melakukan latihan. Jadi kalau dibagi 5, setiap hari 30 menit," kata dr Michael.

Namun dalam kaitannya dengan manfaat sehat, dr Michael menekankan bahwa durasi bukan satu-satunya. Harus pula diperhatikan intensitas dan jenis olahraganya agar manfaat olahraga bisa lebih optimal.



Simak Video "WHO Tetapkan Kecanduan Game Sebagai Gangguan Mental"
[Gambas:Video 20detik]
(up/kna)