Senin, 30 Sep 2019 13:33 WIB

Manfaat Lain Bela Diri WSDK, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Bela diri khusus untuk perempuan WSDK adaptasi gerakan karate dan jiu jitsu. (Foto: Nabila Ulfa Jayanti/detikHealth) Bela diri khusus untuk perempuan WSDK adaptasi gerakan karate dan jiu jitsu. (Foto: Nabila Ulfa Jayanti/detikHealth)
Jakarta - Bela diri ala komunitas Women Self Defense of Kopo Ryu (WSDK) bisa menjadi olahraga yang menyenangkan sekaligus belajar membentengi diri sendiri dari pelaku kejahatan. Selain itu bela diri ini juga bisa membantu menguruskan berat badan.

Menurut Co-founder dan Head Coach WSDK Eko Hendrawan, teknik WSDK dapat dimanfaatkan untuk menunjang proses penurunan berat badan.


"Tinggal tensi latihannya, pola latihannya yang ditingkatkan. Kita punya menu, program penurunan berat badan," katanya.

Bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, coach akan memberikan materi khusus. Demikian pula kalau anggota mempunyai tujuan lain mengikuti WSDK.

Sejak 2006, komunitas yang berpusat di Bandung ini telah membantu banyak perempuan korban kekerasan. Bukan cuma belajar teknik beladiri saja, tetapi juga menjadikan teknik WSDK sebagai terapi pemulihan stres.

Teknik WSDK mengadaptasi gerakan karate dan jiujitsu. Bedanya, WSDK lebih menyederhanakan gerakannya dan dibuat dekat dengan keseharian perempuan.



Simak Video "Tahu Nggak Sih, Makna Diet Sesungguhnya Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)