Minggu, 13 Okt 2019 16:25 WIB

Nasib Jalur Sepeda di KBT yang Kini Jadi Tempat Pacaran Anak Jaktim

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Jalur sepeda di Kanal Banjir Timur (KBT). Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth Jalur sepeda di Kanal Banjir Timur (KBT). Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth
Topik Hangat Jakarta Ramah Pesepeda
Jakarta - Di sepanjang jalan Kanal Banjir Timur (KBT), Jakarta Timur, dibangun fasilitas jalur khusus untuk pesepeda. Jalur yang dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti parkiran sepeda, tempat istirahat, dan pepohonan yang rindang ini membuat pesepeda serta orang yang berolahraga pun merasa nyaman.

Namun, di sepanjang jalan tepatnya di dekat halte SMA 100, jalur sepeda tersebut telah beralih fungsi. Jika dulunya hanya untuk pesepeda dan orang yang ingin berolahraga, kini berubah menjadi tempat rekreasi keluarga.

"Dulu memang jalan ini tuh buat pesepeda atau orang-orang yang olahraga aja. Tapi sekarang berubah jadi tempat rekreasi keluarga, banyak yang dagang sampai pacaran," jelas Romi, pedagang minuman di sekitar kawasan itu saat ditemui detikcom, Jumat (11/10/2019).

Jika dulunya hanya untuk pesepeda dan orang yang ingin berolahraga, kini jalur sepeda ini berubah menjadi tempat rekreasi keluarga.Jika dulunya hanya untuk pesepeda dan orang yang ingin berolahraga, kini jalur sepeda ini berubah menjadi tempat rekreasi keluarga. Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth




Tak hanya jalurnya, rambu-rambu yang ada pun sudah tidak berfungsi lagi. Misalnya rambu khusus dilewati sepeda atau rambu yang menunjukkan sepeda motor boleh melewati jalur tersebut pada pukul 06.00 - 09.00 pun hanya sebagai pajangan.

"Rambunya itu dulu mah berfungsi, tapi sekarang jadi hiasan aja kayaknya," ungkap Romi.

Kalau pagi, sampah berserakan karena area ini juga difungsikan sebagai tempat rekreasi.Kalau pagi, sampah berserakan karena area ini juga difungsikan sebagai tempat rekreasi. Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth


Portalnya juga bisa dibuka, kuncinya ada sama pedagang. Tapi yang jelas cuma bisa dibuka jam 17.00 sampai 00.00 malam. Dampaknya kalau pagi ya jadi banyak sampah berserakan," imbuhnya.

Hingga saat ini, hanya kendaraan milik petugas kebersihan setempat saja yang disebut bisa lalu lalang di jalur itu. Selebihnya, jika pengunjung yang ingin bersantai di jalur tersebut membawa kendaraan bermotor, biasanya memarkirkan kendaraannya di ujung jalan yang dibatasi oleh batu atau plang.


Pengunjung yang ingin bersantai di jalur tersebut membawa kendaraan bermotor, biasanya memarkirkan kendaraannya di ujung jalan yang dibatasi oleh batu atau plang.Pengunjung yang ingin bersantai di jalur tersebut membawa kendaraan bermotor, biasanya memarkirkan kendaraannya di ujung jalan yang dibatasi oleh batu atau plang. Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth




Nasib Jalur Sepeda di KBT yang Kini Jadi Tempat Pacaran Anak Jaktim


Simak Video "Manfaat Bersepeda untuk Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Jakarta Ramah Pesepeda