Selasa, 12 Nov 2019 15:03 WIB

Serda Gea Meninggal Saat Tarung Derajat, Bela Diri Apa Itu?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Aksi bela diri prajurit saat merayakan HUT TNI di Lanud Halim Perdanakusuma. (Foto ilustrasi: Rengga Sancaya) Aksi bela diri prajurit saat merayakan HUT TNI di Lanud Halim Perdanakusuma. (Foto ilustrasi: Rengga Sancaya)
Jakarta - Berita duka datang dari prajurit Kompi B Yonif 122 TS, Serda Iman Berkat Gea yang meninggal saat latihan tarung bela diri tarung derajat dengan rekannya di Dolok Masihul, Serdang Bedagai (Sergai), Sumut, pada Senin (4/11)

"Serda IBG mengalami tendangan di dada kiri oleh sparing partner-nya dalam bela diri tarung derajat. Kemudian ia jatuh, kepalanya kemudian terbentur," kata Kapendam I/Bukit Barisan Kolonel Inf Zeni Djunaidhi, Selasa (12/11/2019).

Bela diri tarung derajat sendiri mungkin jarang diketahui oleh masyarakat luas. Tarung derajat adalah seni bela diri berasal dari Indonesia yang diciptakan oleh Achmad Dradjat.


Dikutip dari laman Perguruan Pusat Tarung Derajat, seni bela diri ini adalah ilmu, tindakan moral dan sikap hidup yang memanfaatkan kemampuan daya gerak otot, otak, dan nurani secara realistis serta rasional. Bentuk-bentuk gerakan dari bela diri ini meliputi gerakan pukulan, tendangan, tangkisan, bantingan, kuncian, dan hindaran.

Seni bela diri ini di bawah naungan Federasi Tarung Derajat Asia yang dibentuk pada 7 Maret 2015 dan dihadiri oleh delapan negara Asia Tenggara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Laos, Myanmar, Thailand, Singapura, dan Vietnam.

Olahraga seni bela diri tarung derajat secara resmi diakui sebagai olahraga nasional dan digunakan sebagai latihan bela diri dasar oleh TNI Angkatan Darat dan Brigade Mobil Polri.



Simak Video "Barre, Olahraga dengan Perpaduan Balet dan Pilates "
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/fds)