ADVERTISEMENT

Rabu, 01 Jul 2020 06:57 WIB

Saran Pakar UGM Soal Gowes, Pakai Masker dan Jangan Berjajar

Pradito Rida Pertana - detikHealth
Kegiatan Car Free Day (CFD) di Sudirman-Thamrin, Jakarta, Minggu (28/06/2020), ditiadakan. Tetapi jalur sepeda sementara (pop up bike lane) tetap dibuka. Pesepeda melintas di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta (Foto: Rengga Sancaya)
Topik Hangat Mendadak Gowes

Para pesepeda, kata Zaenal juga diharapkan membawa minuman sendiri untuk menjaga kecukupan asupan cairan. Di samping itu, dengan menyiapkan minum sendiri harapannya pesepeda tidak mampir di warung untuk membeli minuman yang bisa berisiko terjadi penularan.

Tak kalah penting, Zaenal juga mengingatkan pentingnya menjaga perilaku saat gowes. Demi keamanan, ia mengimbau untuk tertib dan menaati peraturan lalu lintas.

"Saat bersepeda jangan berjajar-jajar karena berbahaya. Lalu pilihlah jalan yang sepi atau aman dari kendaraan bermotor," ucapnya.

Zaenal menambahkan, dengan mematuhi langkah-langkah tersebut, bersepeda di luar rumah diharapkan bisa berlangsung aman sekaligus bisa meningkatkan imunitas. Kendati demikian, dia menyarankan masyarakat untuk bersepeda statis di dalam rumah.

Selain lebih aman, juga bisa menjadikan badan tetap bugar saat menjalankan aktivitas sehari-hari karena dilakukan dengan kecepatan mengayuh tetap (50 rpm) dangan beban yang disesuaikan dengan intensitas sedang yaitu 60-80% dengan denyut nadi maksimum (220-usia). Menurutnya, olahraga fisik ini melibatkan otot besar, bersifat ritmis, serta berkelanjutan.

Namun saat melakukan olahraga dengan sepeda dianjurkan untuk tidak dilakukan secara berlebihan dengan intensitas tinggi. Sebab, hal tersebut bisa mengganggu kesehatan. Harus dilakukan dengan mengacu FITT principle yakni frequency, intensity, time, and type. Dilakukan 3-5 kali per minggu, intensitas sedang, dan durasi selama 30-45 menit.

"Bersepeda di luar rumah bisa dilakukan dengan konsisten mematuhi protokol kesehatan, tetapi saat pandemi ini lebih baik dengan bersepeda dengan sepeda statis dulu," ujar Zaenal.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Hindari Serangan Jantung Saat Bersepeda!"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
Topik Hangat Mendadak Gowes

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT