Rabu, 01 Jul 2020 09:21 WIB

Apa Itu Pajak Sepeda? Di 6 Negara Ini, Pesepeda Malah Dapat Insentif

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pesepeda Pajak sepeda tidak berlaku di negara-negara ini. (Foto ilustrasi: Getty Images)
Jakarta -

Rumor soal pajak sepeda memang sudah dibantah oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Menurut keterangan resmi, yang sedang dibahas saat ini adalah regulasi tentang keselamatan bersepeda.

Meski begitu, fakta bahwa pajak sepeda pernah ada pada masa lalu memunculkan kekhawatiran di kalangan pesepeda. Dengan minimnya jalur dan fasilitas untuk pesepeda saat ini, wacana tentang pajak sepeda dinilai kurang bijak oleh banyak kalangan.

Terlebih, sepeda memberikan banyak manfaat positif bagi kesehatan maupun lingkungan. Bahkan di banyak negara, pesepeda malah dapat insentif karena mempromosikan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan.

Di negara mana saja pegowes bisa dapat duit? Berikut rangkumannya:

1. Prancis

Sebagai upaya untuk menekan polusi, Prancis mendorong warganya untuk bersepeda. Di masa pandemi Corona, pemerintah Prancis lebih menyarankan warganya untuk bersepeda alih-alih menjajal transportasi umum.

Dikutip dari BBC, pemerintah Prancis bahkan akan memberikan insentif bagi warga yang bersepeda dengan skema subsidi sebesar 20 juta euro atau sekitar Rp 325 miliar.

Negara ini juga bakal memberikan bantuan uang sebesar 50 euro atau sekitar Rp 800 ribu kepada pesepeda untuk biaya perbaikan sepeda seperti mengganti ban atau rantai, setelah pembatasan dilonggarkan.

"Kami ingin ini menjadi periode baru untuk menuju budaya bersepeda," tutur Menteri Lingkungan Hidup Prancis Elisabeth Born.

2. Italia

Di masa pandemi Corona, warga Italia bisa memperoleh subsidi hingga 500 euro atau sekitar Rp 8 juta untuk membeli sepeda atau skuter.

Menteri Transportasi Italia Paola De Micheli menyatakan langkah ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah warga Italia menggunakan mobil dan transportasi umum saat negara itu masih berjuang menurunkan kurva penularan COVID-19.

Pemerintah Italia juga disebut akan merubah undang-undang agar pesepeda lebih nyaman di jalan. Mereka berencana akan membuat 150 km jalur bersepeda baru September mendatang.

3. Belanda

Pemerintah Belanda mengeluarkan dana besar untuk membayar warganya yang mau bersepeda. Negara yang memiliki unit sepeda yang lebih banyak daripada penduduknya ini telah mengumumkan investasi sebesar USD 390 juta atau Rp 5,6 triliun di tahun 2019 untuk infrastruktur bagi para pesepeda.

Dikutip dari World Economic Forum, pesepeda akan mendapat kompensasi pajak USD 0,22 atau Rp 3.180 per kilometer.

Selanjutnya
Halaman
1 2