Sabtu, 01 Agu 2020 05:50 WIB

Harus Gowes Berapa Km untuk Bakar Kalori Seporsi Lontong Opor?

Elsa Himawan - detikHealth
Cyclist increase speed by sprint. Sehabis menyantap daging kurban, perlu gowes berapa km untuk bakar kalorinya? (Foto: Getty Images/iStockphoto/torwai)
Jakarta -

Berbagai sajian lezat selama perayaan Idul Adha bisa membuat berat badan tidak terkontrol. Mumpung sedang musim gowes, bisakah kalorinya dibakar saja dengan bersepeda?

Bicara tentang kalori, tentu bisa-bisa saja dibakar dengan bersepeda. Praktisi kesehatan dari RS Siloam Lippo Village, dr Vito A Damay, SpJP memperkirakan ada sekitar 200 kalori dalam satu porsi sate kambing. Jika dikonversi ke olahraga, maka kurang lebih perlu gowes 30 menit untuk membakarnya.

"Menggowes dengan kecepatan biasa, sejauh 21 km hanya dapat membakar kalori sekitar 120-150 kalori saja," kata dr Vito saat dihubungi detikcom.

Jika disantap bersama lontong, maka jumlah kalorinya bisa lebih banyak lagi. Bersepeda sejauh 30 km dengan kecepatan sedang mungkin baru bisa mengimbanginya.

Tapi yang lebih penting menurut dr Vito, berbagai sajian lezat saat Idul Adha tidak cuma menambah asupan kalori. Jangan lupa, berbagai olahan daging dan santan merupakan penyumbang lemak dan kolesterol yang tidak kalah berbahaya jika tidak dikontrol.

Jangka pendek, gowes hanya akan membakar kalori dari makanan, sedangkan kolesterolnya tetap akan terserap. Namun olahraga tetap penting untuk memperbaiki sistem metabolisme tubuh. Kemampuan tubuh mengontrol kolesterol juga meningkat dengan olahraga.



Simak Video "Panduan WHO agar Aman dari COVID-19 saat Idul Adha"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)