Kamis, 06 Agu 2020 05:55 WIB

Gowes Saja Tidak Cukup, Lakukan Ini Agar Tak Kena Diabetes

Elsa Himawan - detikHealth
Operasi Patuh Jaya 2020 tak hanya berlaku bagi kendaraan bermotor. Para pesepeda yang melanggar aturan lalu lintas juga akan ditindak di operasi ini. Bersepeda baik untuk kesehatan (Foto: Antara Foto)
Jakarta -

Tren gowes belakangan ini punya dampak positif di tengah tingginya kasus diabetes. Olahraga menjadi salah satu cara untuk mengontrol kadar gula darah, karena tubuh membakar gula untuk sumber energi.

Meski begitu, olahraga saja tidak cukup untuk mencegah diabetes. Praktisi kesehatan dr Fran Efendy mengatakan olahraga tetap harus diimbangi dengan pola makan yang sehat serta istirahat yang cukup.

"Agak kurang bijak kalau bicara soal bersepeda dapat mencegah diabetes. Diabetes itu penyakit multifaktorial yang penyebabnya bisa bermacam-macam," jelasnya dalam diskusi online Sobat Diabet, Rabu (5/8/2020).

Meski begitu, gowes sebagaimana olahraga lainnya menurut dr Fran tetap memberikan banyak manfaat. Salah satunya melancarkan peredaran darah.

Seseorang dengan diabetes boleh dan bahkan perlu berolahraga. Namun tidak berarti boleh meninggalkan pengobatan yang utama, dan anjuran dokter tetap harus dipatuhi.



Simak Video "Pesan Buat Pegowes Pemula dari dr. Falla Adinda"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)