Senin, 17 Agu 2020 18:03 WIB

Kata Dokter Jantung Soal Deg-degan Saat Rossi Nyaris Tertimpa Motor Terbang

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Johan Zarco crash Morbidelli GP Austria Insiden 'horor' yang nyaris mencelakai Valentino Rossi (Foto: Dorna)
Topik Hangat Rossi Bikin Deg-degan
Jakarta -

Crash 'horor' di MotoGP Austria bikin pebalap Yamaha Valentino Rossi syok berat. Bahkan para fans yang cuma nonton di TV ikut berdebar-debar. Kenapa bisa begitu?

Dokter jantung dari RS Siloam Lippo Karawaci, dr Vito A Damay, SpJP, mengatakan jantung berdebar-debar karena menerima rangsangan dari luar. Rangsang atau pendengaran, juga bisa berpengaruh pada degup jantung.

"Contoh misalnya kita nonton film horor di bioskop. Karena apa yang kita lihat masuk ke otak kita, kesannya kita sendiri yang ikut terlibat dalam pengalaman itu. Maka tubuh kita akan ikut bereaksi juga," ujar dr Vito pada detikcom, Senin (17/8/2020).




Insiden mengerikan yang nyaris mencelakai Rossi dan rekannya, Maverick Vinales, terjadi di tikungan ketiga. Dua rider, Johann Zarco dan Franco Morbidelli, terlibat crash saat melaju dengan kecepatan tinggi sehingga motornya beterbangan dan nyaris menyambar Rossi maupun Vinales.

"Saya sedang melintas di hairpin itu bersama (Maverick) Vinales, kami melambat menuju tikungan ketiga dan saya melihat bayangan melintas dari atas. Hal itu sering terjadi saat balapan ketika helikopter melayang di atas dan bayangannya melewati pembalap di bawah. Tapi ternyata peluru yang datang," kata Rossi setelah menyelesaikan race tersebut.

Rossi mengatakan setelah mengalami insiden tersebut, dirinya merasa terguncang. Pasalnya, kejadian ini adalah yang pertama kali terjadi di dalam hidupnya.



Simak Video "Pentingnya Deteksi Jantung saat Berolahraga"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)
Topik Hangat Rossi Bikin Deg-degan