Kamis, 27 Agu 2020 05:30 WIB

Anies Usul Sepeda Masuk Tol, 4 Negara Ini Malah Punya Tol Khusus Sepeda

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Meski dilarang, para sepeda nekat melintasi JLNT Casablanca, Jakarta, Kamis (20/08/2020). Padahal hal ini sangat berbahaya bagi mereka. Pesepeda melintasi jalan layang di Jakarta (Foto: Rengga Sancaya)
Topik Hangat Road Bike Naik Pamor
Jakarta -

Gubernur DKI Anies Baswedan memohon Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono memanfaatkan ruas Jalan Tol Lingkar Dalam Kota sebagai lintasan sepeda. Permohonan Anies dalam sebuah surat itu lantas beredar di media sosial.

"Mohon kiranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dapat memberikan izin pemanfaatan 1 ruas jalan Tol Lingkar Dalam Jakarta (Cawang-Tanjung Priok) sisi barat sebagai lintasan road bike guna mengakomodir pengguna sepeda pada setiap hari Minggu pukul 06.00-09.00," demikian bunyi salah satu isi surat tersebut.

Sementara pesepeda di Jakarta hendak diberi akses untuk masuk jalan tol, beberapa negara justru menyediakan 'jalan tol' khusus pesepeda. Jalur-jalur khusus bebas hambatan yang terpisah dari jalur kendaraan bermotor dibangun untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pesepeda.

Di antara berbagai negara yang memiliki jalan tol untuk pesepeda, berikut 4 di antaranya.

1. Denmark

Bisa dibilang, Kopenhagen adalah surganya pesepeda. Ibukota Denmark ini sangat memanjakan pesepeda dengan berbagai fasilitas. Jalur sepeda sepanjang total 400 km tersebar di setiap sudut dan semuanya dan saling terhubung.

Termasuk di antaranya adalah jalur khusus bebas hambatan yang dinamakan cycle superhighway. Jalur ini terpisah dari jalan raya, melintasi taman dan perumahan, serta nyaris tanpa persimpangan yang mengharuskan pesepeda untuk berhenti.

Kalaupun ada persimpangan, jaraknya tidak kurang dari 5 km dan dilengkapi lampu pengatur lalu lintas yang memprioritaskan pesepeda. Sangat ideal bagi pesepeda jarak jauh yang butuh melaju dengan kecepatan yang relatif konstan untuk menghemat tenaga.

Jalur-jalur sepeda bebas hambatan ini juga dilengkapi Cykelslangen atau disebut juga The Bicycle Snake. Ini adalah jalan layang khusus pesepeda yang sangat efektif memangkas waktu tempuh.

Salah satu fasilitas umum di Kopenhagen yang memanjakan pesepeda adalah Cykelslangen. Jalan layang melintasi pelabuhan ini didesain khusus hanya untuk sepeda.Cykelslangen atau jalan layang khusus sepeda, salah satu fasilitas umum di Kopenhagen yang memanjakan pesepeda adalah Cykelslangen. Jalan layang melintasi pelabuhan ini didesain khusus hanya untuk sepeda. Foto: Uyung/detikHealth

2. Belanda

Belanda menjadi salah satu negara yang memiliki rute atau jalan sepeda aman dan nyaman. Belanda membangun jalan raya sepeda sepanjang 11 mil atau lebih dari 17 km. Jalan ini berada di atas kota-kota tenggara Arnher, dan Nijmegen tanpa ada satu perhentian pun.

Salah satu dari beberapa jalur serupa di kawasan Belanda, RijnWaalpad, juga dijuluki sebagai 'rute bersepeda cepat', dibandingkan dengan rute sepeda pinggir jalan yang 'lebih lambat'.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pesan Buat Pegowes Pemula dari dr. Falla Adinda"
[Gambas:Video 20detik]
Topik Hangat Road Bike Naik Pamor