Sabtu, 05 Sep 2020 18:06 WIB

5 Fakta Road Bike, Sepeda 'Sultan' yang Bakal Disimulasikan Masuk Tol

Ayunda Septiani - detikHealth
Meski dilarang, para sepeda nekat melintasi JLNT Casablanca, Jakarta, Kamis (20/08/2020). Padahal hal ini sangat berbahaya bagi mereka. Tak seperti sepeda biasa, road bike didesain untuk melaju lebih kencang (Foto: Rengga Sancaya)

4. Kisaran harga sepeda road bike

Fatur menjelaskan, jika belakangan ini banyak sekali sepeda lipat bergelar 'sepeda sultan' saking mahalnya, sebenarnya belum ada apa-apanya dibandingkan road bike kelas high-end. Memang sih, ada juga road bike yang harganya sekitar Rp 5 juta, tetapi rata-rata ada di harga puluhan juta.

"Kalau yang produk impor atau jenis-jenis sepeda yang suka dipakai atlet-atlet di luar negeri itu mulai dari 50 jutaan sampai dengan 300-400 jutaan," jelas Fatur.

5. Ada plus minusnya

Bagi pemula, kemampuan road bike melaju kencang harus ditukar dengan kenyamanan. Dibanding jenis sepeda lain, road bike memang memiliki gaya berkendara paling nggak santai, tubuh harus membungkuk dan tidak dilengkapi suspensi.

Posisi balap seperti ini oleh beberapa pengguna road bike pemula menyebabkan berbagai keluhan, seperti pegal-pegal dan bahkan tangannya kesemutan. Bagi yang belum terbiasa, pedal khusus yang saling terkunci dengan sepatu cleat rawan menyebabkan jatuh.

Belum lagi urusan memilih jalur. Dengan bentuk roda yang sangat kecil, road bike tidak leluasa melintas di jalan yang berlubang atau tidak mulus. Kena kerikil kecil saja ban bisa rusak atau hilang keseimbangan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Pesan Buat Pegowes Pemula dari dr. Falla Adinda"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)