Minggu, 25 Okt 2020 05:39 WIB

Rahasia Khabib Nurmagomedov Pangkas Berat Badan Sebelum Bertarung

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
ABU DHABI, UNITED ARAB EMIRATES - SEPTEMBER 07: Khabib Nurmagomedov of Russia compete against Dustin Poirier of United States in their Lightweight Title Bout during the UFC 242 event at The Arena on September 07, 2019 in Abu Dhabi, United Arab Emirates. (Photo by Francois Nel/Getty Images) Khabib Nurmagomedov (Getty Images/Francois Nel)
Jakarta -

Petarung asal Rusia, Khabib Nurmagomedov, punya ritual memangkas berat badan sebelum bertarung. Regulasi di kelas ringan membatasi berat badan atlet tak lebih dari 155 lbs atau 70,45 kg.

Limit berat badan tersebut harus dicapai pada sesi penimbangan, sedangkan dalam keseharian banyak atlet punya berat badan lebih dari itu. Khabib sendiri, seperti diungkap sang ayah almarhum Abdulmanap Nurmagomedov, berat badannya bisa mencapai 85 kg ketika tidak sedang bertanding.

Bagi seorang petarung, program untuk menurunkan berat badan secara intensif biasanya dimulai sepekan sebelum penimbangan. Pada periode tersebut, dikutip dari Khabibmcgregor.com, Khabib maupun petarung lainnya harus memangkas berat badannya secara ekstrem.

Ada banyak trik untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, namun kuncinya ada pada manipulasi kadar air dan natrium dalam tubuh. Dengan mengurangi konsumsi air, seorang atlet bisa memangkas berat badannya kurang lebih 4 kg.

Selebihnya, olahraga secara intensif dan sauna akan memangkas kelebihan berat badan yang masih tersisa. Lari di atas treadmill dan sauna banyak dilakukan untuk mencapai goal tersebut.




Diet juga menjadi bagian penting dalam proses ini. Salad, buah, dan ikan sebagai sumber protein menjadi pilihan untuk mencegah berat badan naik lagi.

Walau bisa memangkas berat badan secara instan, berbagai strategi tersebut tentu dilakukan untuk kebutuhan kompetisi dan bukan untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Proses ini pun dilakukan dengan pemantauan ketat oleh tim medis.

Sebuah riset menyebut 39 persen atlet MMA (Mixed Martial Art) naik oktagon dengan status dehidrasi akibat proses menurunkan berat badan, yang pastinya berisiko bagi kesehatan jangka panjang.



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)