Kamis, 05 Nov 2020 05:50 WIB

Ki Seno Nugroho Meninggal Usai Gowes, Kenali Tanda-tanda Jantung Kolaps

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Athlete on racing bike outdoors at sunset, close-up Serangan jantung saat gowes sering terjadi belakangan ini (Foto: Getty Images/iStockphoto/ArtistGNDphotography)

Perlukah sedia tablet Isosorbid Dinitrat?

Isosorbid Dinitrat atau ISDN memang sering digunakan oleh pasien serangan jantung. Cara pakainya adlah diletakkan di bawah lidah. Beberapa pegowes menyarankan untuk punya beberapa tablet, persediaan untuk kondisi darurat.

Namun dr Ayuthia Putri Sedyawan, BMedSc, SpJP, FIHA, dokter jantung dari Mayapada Hospital Lebak Bulus, mengingatkan bahwa obat ini adalah obat keras yang hanya boleh diminum jika memang diresepkan oleh dokter. Jika sembarangan, ada efek samping yang malah membahayakan.

"Tekanan darah dapat ngedrop. Dan ada obat tertentu yang tidak boleh dikonsumsi berbarengan," tegasnya saat dihubungi detikcom Rabu (4/10/2020).

Pemberian obat keras, sangat disarankan untuk didahului pemeriksaan dokter. Kondisi yang oleh orang awam dianggap serangan jantung, belum tentu menggambarkan kondisi yang sesungguhnya dialami pasien.

"Kalau kolapsnya saat gowes itu karena dehidrasi dan tekanan darah sedang turun (hipotensi), maka obat isosorbid dinitrat tersebut malah mungkin memperparah karena tekanan darah juga turun dengan obat tersebut," tegas dr Vito.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Pesan Buat Pegowes Pemula dari dr. Falla Adinda"
[Gambas:Video 20detik]

(naf/up)