Rabu, 30 Des 2020 11:09 WIB

10 Manfaat Bola Basket, Olahraganya Michael Yukinobu de Fretes

Kanya Anindita - detikHealth
Male basketball player with a ball over dark background. Fit young man in sportswear holding basketball. Michael Yukinobu de Fretes dikenal senang main basket (Foto: Getty Images/iStockphoto/natasaadzic)

5. Memperbaiki komposisi tubuh

Dalam studi tahun 2018, para peneliti menemukan bahwa bermain bola basket memiliki efek positif pada komposisi tubuh secara keseluruhan. Setelah bermain bola basket, para pria meningkatkan massa tubuh tanpa lemak dan menurunkan persentase lemak tubuh.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Menurut penelitian dari 2019, bola basket meningkatkan detak jantung istirahat atau denyut nadi seseorang dalam kondisi rileks. Hal ini memiliki efek positif pada kardiorespirasi.

Kardiorespirasi adalah kemampuan sistem jantung dan pembuluh darah dalam mengambil oksigen dan menyalurkannya ke seluruh tubuh terutama jaringan yang aktif sehingga dapat digunakan dalam proses metabolisme tubuh.

7. Meningkatkan kepercayaan diri

Sebagai sebuah tim dalam permainan bola basket, anggota dapat saling mendorong, memotivasi, dan mendukung. Sukses di lapangan membuat Anda merasa puas dengan apa yang sudah dilakukan bersama rekan satu tim.

8. Menurunkan stres

Aktivitas fisik dapat melepaskan endorfin yang merupakan hormon perasaan senang atau kebahagiaan. Endorfin dapat meningkatkan suasana hati, membuat pikiran jadi lebih rileks, dan mengurangi tingkat depresi.

9. Mendorong semangat tim

Bermain bola basket membantu menumbuhkan rasa kebersamaan dan kerja tim. Bekerja sama dalam tim juga memperkuat pertemanan serta menjadikan diri masing-masing menjadi individu yang suportif satu sama lain.

10. Lebih aktif berkomunikasi

Saat Anda berinteraksi dengan rekan satu tim, Anda mungkin mempelajari cara baru untuk berkomunikasi secara verbal dan nonverbal. Anda akan memiliki kesempatan untuk berbicara dengan rekan satu tim dan mendengarkan apa yang mereka katakan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Penyintas Covid-19 Disarankan Tak Lakukan Olahraga Anaerobik "
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)