Senin, 22 Mar 2021 16:03 WIB

Heboh Duel Dewa Kipas Vs GM Irene, Kenali 4 Manfaat Sehat Main Catur

Ardela Nabila - detikHealth
Adu Catur Dadang Subur alias Dewa Kipas VS GM Irene Kharisma Sukandar Foto: (Youtube/Deddy Corbuzier)
Jakarta -

Olahraga catur sedang jadi buah bibir, melambung popularitasnya gara-gara duel 'Dewa Kipas' Dadang Subur melawan Gran Master Irene Kharisma Sukandar. Pernahkah penasaran, apa saja manfaat main catur?

Duel pada Senin (22/3/2021) sore ini digelar untuk membuktikan kemampuan Dewa Kipas, yang sebelumnya dilaporkan melakukan kecurangan saat melawan pecatur internasional, Levy Rozman (Gothamchess), dalam pertandingan catur digital di chess.com.

Permainan yang memiliki penggemar di seluruh dunia ini ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Pasalnya, catur melibatkan tantangan intelektual yang baik bagi kesehatan pikiran seseorang.

Dikutip dari laman Healthline, berikut 4 manfaat sehat bermain catur.

1. Mengembangkan kemampuan berpikir

Pemain catur profesional biasanya akan terus mengantisipasi gerakan yang akan dibuat oleh lawannya. Untuk memprediksi apa yang akan dilakukan oleh lawannya, seorang pemain harus memiliki kemampuan untuk melihat sesuatu dari sudut pandang lawannya dan memikirkan apa yang akan mereka lakukan berikutnya.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2019 menemukan bahwa catur dapat mengembangkan kemampuan ini pada anak-anak yang terbiasa memainkannya.

2. Meningkatkan daya ingat

Pemain catur ternyata memiliki daya ingat yang kuat, lho. Sebab, permainan yang satu ini memang melibatkan berbagai kombinasi gerakan yang harus diingat oleh pemainnya. Seorang pemain catur yang telah berpengalaman akan memiliki kemampuan untuk mengingat sesuatu yang telah dipelajari melalui pendengaran.

Menurut penelitian, seorang pemain catur akan memiliki kemampuan untuk mengingat sesuatu daripada orang-orang yang tidak bermain catur.

3. Meningkatkan kreativitas

Penelitian yang dilakukan di India mencoba menguji kemampuan berpikir kreatif terhadap dua kelompok siswa. Kelompok pertama dilatih dengan bermain catur, sementara kelompok lainnya tidak. Untuk menguji kedua kelompok, para siswa dari dua kelompok tersebut diuji untuk menginterpretasi pola dan maknanya menjadi suatu bentuk abstrak.

Hasilnya, kelompok yang dilatih dengan bermain catur mendapatkan nilai yang lebih tinggi dibanding kelompok yang tidak. Dengan demikian, para peneliti menyimpulkan bahwa catur dapat meningkatkan kreativitas seseorang.

4. Mencegah demensia atau pikun

Dalam sebuah ulasan yang dipublikasikan tahun 2019, para ahli menemukan bahwa fleksibilitas kompleks mental yang diterapkan saat bermain catur dapat mencegah terjadinya dementia pada orang tua. Pasalnya, permainan ini menantang daya ingat, kalkulasi, kecerdasan visual spasial, dan kemampuan berpikir kritis yang dapat mencegah terjadinya penurunan kognitif serta menunda terjadinya dementia seiring bertambahnya usia.

Ada negatifnya juga lho

Di samping berbagai manfaat sehat bermain catur, permainan ini tentunya juga memiliki sisi negatifnya, sama seperti hobi dan aktivitas lainnya, salah satunya adalah dapat menyebabkan stres dan gangguan tidur.

Sebab, pemain catur yang kompetitif akan cenderung merasa cemas saat harus bertanding dengan lawannya. Bahkan, beberapa orang menyebut catur sebagai permainan yang menyiksa mental. Stres yang terjadi pada pemain yang kompetitif dapat menyebabkan terjadinya gangguan tidur.

Selain itu, bagi orang tua yang berencana untuk melatih kognitif dan daya ingat anaknya melalui catur, maka perlu diingat bahwa permainan ini tidak semata-mata dapat membuat seorang anak mendapatkan nilai yang tinggi saat ujian di sekolah.



Simak Video "Kenapa Atlet Bisa Kena Serangan Jantung?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)