Minggu, 18 Apr 2021 04:53 WIB

Habis Vaksin Boleh Olahraga? Ini 4 Hal yang Harus Dipertimbangkan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Person working out at gym during pandemic Habis vaksin boleh olahraga? (Foto: Getty Images/iStockphoto/Adrian Seliga)
Jakarta -

Olahraga dan vaksin COVID-19 punya tujuan yang sama, sama-sama menjadi ikhtiar untuk menjaga kesehatan. Habis vaksin boleh olahraga, atau ada pantangan tertentu?

Vaksin COVID-19 merupakan produk yang relatif masih baru, ada banyak hal yang hingga saat ini masih terus diteliti. Termasuk efeknya di dalam tubuh setelah disuntikkan.

Berbagai kemungkinan efek samping maupun kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) memang sudah diteliti melalui uji klinis pada tahap pengembangan. Ketika suatu vaksin sudah boleh digunakan, artinya faktor keamanan sudah dipertimbangkan.

Jadi, habis vaksin boleh olahraga? Berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

1. Observasi

Peunjuk teknis vaksinasi COVID-19 mengharuskan penerima vaksin menunggu 30 menit sebelum meninggalkan tempat vaksinasi. Demikian juga petugas, harus memantau berbagai kemungkinan KIPI yang muncul dalam 30 menit tersebut.

Jadi kalaupun mau langsung olahraga setelah vaksin, sebaiknya tunggu setelah selesai observasi.

2. Ada kemungkinan efek samping?

Beberapa keluhan ringan umumnya dianggap wajar jika muncul setelah vaksinasi. Di antaranya seperti rasa letih, sakit kepala, nyeri otot, bahkan mungkin sedikitg demam. Keluhan ini bisa muncul dalam 1-2 hari.

"Efek samping umum ini adalah pertanda sistem imun merespons vaksin," kata David Wyles, MD, ahli penyakit infeksi dari Denver Health, dikutip dari Health.

Menurut dr David, berbagai keluhan itu umumnya cepat hilang dan tidak terlalu mengganggu aktivitas sehari-hari. Termasuk olahraga.

3. Tidak langsung kebal

Selain soal efek samping, yang harus dipertimbangkan juga adalah soal protokol pencegahan COVID-19. Salah satu titik lengah penularan adalah ketika berolahraga bareng-bareng, lalu dilanjutkan dengan kumpul-kumpul.

Penting untuk diingat, vaksin tidak memberikan kekebalan sesaat setelah disuntikkan. Karenanya, pakai masker dan jaga jarak tetap jadi kewajiban.

4. Jadi, habis vaksin boleh olahraga?

Selama tidak muncul keluhan serius, dan sudah selesai menjalani observasi selama 30 menit, tidak ada larangan untuk beraktivitas seperti biasa.

"Saya pikir tidak ada yang bahaya untuk olahraga setelah mendapat vaksin," kata dr David.

Bahkan beberapa keluhan ringan setelah vaksin juga tidak perlu jadi alasan untuk melarang olahraga setelah vaksin. Tidak ada bukti olahraga setelah vaksin akan mengurangi efektivitas.

Namun dr David mengingatkan aturan umum saat olahraga: dengarkan tubuh sendiri! Jika merasa tidak nyaman, maka 'rest' atau istirahat adalah bagian dari olahraga yang terprogram.



Simak Video "Apakah Tubuh Jadi Kebal COVID-19 Setelah Divaksin? "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)