Senin, 21 Jun 2021 12:56 WIB

21 Juni Hari Yoga Internasional, Begini Para Yogi Memperingatinya

Ardian Fanani - detikHealth
Peringatan Hari Yoga Internasional 2021 di Banyuwangi Peringatan hari yoga internasional (Foto: Ardian Fanani/detikHealth)
Banyuwangi -

Untuk memperingati hari Yoga Internasional setiap tanggal 21 Juni, perkumpulan praktisi yoga nasional Indonesia (PPYNI) Banyuwangi, menggelar yoga bersama di alam terbuka. Kegiatan yang dilaksanakan serentak secara virtual ini, diikuti oleh puluhan yogis di pantai yang berada di Selat Bali.

Kegiatan ini digelar di Beach Club, hotel Ketapang Indah Banyuwangi, Senin (21/6/2021). Sebanyak 50 orang yang terdiri wanita dan pria di Banyuwangi, antusias mengikuti kegiatan yoga bersama yang digelar di alam terbuka di perairan Selat Bali.

Nurhayani, Instruktur yoga yang sekaligus ketua PPYNI Banyuwangi mengatakan, yoga memiliki banyak manfaat diantaranya meningkatkan jangkauan gerak tubuh, melancarkan pernapasan, menguatkan keseimbangan tubuh, menambah imunitas tubuh dan relaksasi menghilangkan stres menghadapi pandemi yang belum tau kapan berakhir.

"Yoga selain untuk meningkatkan jangkauan gerak tubuh, kegiatan ini juga untuk menambah imunitas tubuh dan menghilangkan stres menghadapi pandemi yang belum tau kapan berakhir," ujarnya kepada wartawan.

Peringatan Hari Yoga Internasional 2021 ini juga dilaksanakan secara serentak dan virtual. Kegiatan ini sengaja digelar, untuk memperingati Hari Yoga Internasional yang jatuh pada tanggal 21 juni 2021, dengan mengusung tema "be with yoga, be at home".

"Kita harapkan di tengah pandemi ini, olahraga yoga juga bisa dilakukan di rumah secara teratur," tambahnya.

Gerakan yoga yang ditampilkan adalah gerakan Sun Salutation dan beberapa gerakan lainnya. Gerakan sun salutation adalah serangkaian gerakan yoga yang dilakukan di pagi hari dengan memanfaatkan energi positif dari sinar matahari pagi.

"Tujuannya, untuk menambah tubuh kita energize atau semakin bersemangat menghadapi hari," pungkasnya.

Kegiatan yoga ini juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sebelum melakukan yoga di alam terbuka ini, para yogis juga dicek suhu tubuh, mencuci tangan dan dihimbau untuk menjaga jarak.

Para penggemar yoga mengaku senang mengikuti olahraga yoga secara rutin. Kegiatan yoga bisa dilakukan dimana saja di antaranya di rumah ataupun di alam terbuka. Di tengah pandemi ini, yoga juga bisa dilakukan sendiri di rumah secara teratur.

"Manfaat yoga banyak salah satunya menjaga keseimbangan tubuh kita, menambah imun, apalagi di tengah pandemi kita harus banyak berolahraga dengan teratur," ujar Vina Icha salah satu peserta peringatan Hari Yoga Internasional 2021.

Saat ini, yoga telah naik daun dalam beberapa dekade terakhir dengan jutaan orang mempratikkannya secara teratur. Yoga sendiri adalah olahraga tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, kelenturan serta pernafasan demi peningkatan kesehatan mental dan fisik. Selain itu, olahraga yang berasal dari india ini diambil dari bahasa sansekerta yang berarti bersatu yang juga melambangkan kesatuan tubuh manusia.



Simak Video "Risiko yang Dialami saat Lakukan Handstand Tanpa Latihan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)