ADVERTISEMENT

Senin, 12 Jul 2021 05:00 WIB

Perlukah Jalan Kaki 10 Ribu Langkah untuk Tetap Bugar? Ini Hasil Studinya

Ardela Nabila - detikHealth
young fitness woman runner /hiker legs at forest trail Jalan kaki 10 ribu langkah perhari, haruskah? (Foto: iStock)

Dalam studi tersebut, orang yang berjalan kaki sekitar 8.000 langkah per hari memiliki kemungkinan mengalami kematian dini akibat penyakit jantung atau penyebab lainnya, daripada orang yang berjalan kaki 4.000 langkah sehari.

Kendati demikian, tidak ada salahnya apabila seseorang berjalan kaki lebih dari 10.000 langkah per hari. Namun, semakin banyak langkahnya saat berjalan kaki, bukan berarti akan memberikan lebih banyak manfaat pula, termasuk perlindungan terhadap kematian dini.

Studi populer lainnya yang dilakukan di Ghent, Belgia pada tahun 2005 yang meneliti sampel selama satu tahun untuk berjalan kaki sebanyak 10.000 langkah per hari menemukan, hanya sekitar delapan persen sampel yang berhasil mencapai tujuan harian tersebut pada akhir penelitian.

Walaupun begitu, Dr Lee menegaskan, tidak ada salahnya jika seseorang memiliki tujuan untuk berjalan berapa ribu langkah sehari. Namun, aktivitas fisik yang dianjurkan oleh Pemerintah AS atau negara lainnya adalah untuk berolahraga setidaknya 150 menit setiap minggunya atau 30 menit per hari.

Apabila dihitung dalam bentuk jumlah langkah berjalan setiap harinya, maka olahraga 150 menit per minggu sama dengan berjalan kaki sekitar 16.000 langkah per minggu atau 2.000-3.000 langkah per hari.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video " Perjalanan Hidup Ade Rai, Dari Bulutangkis ke Binaraga"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT