Rabu, 04 Agu 2021 17:34 WIB

Disoroti Warga +62 Gara-gara Bikini, Ini Loh Manfaat Main Voli Pantai

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Salah satu cabor yang dipertandingkan di Olimpiade Tokyo adalah voli pantai wanita. Pertandingan yang disiarkan salah satu stasiun televisi di Indonesia itu diprotes salah satu penonton. Foto ilustrasi: Sean M Haffey/Getty Images
Jakarta -

Masih ada beberapa hari sebelum Olimpiade Tokyo 2020 usai. Beberapa partai dari cabang olahraga masih dipertandingkan, salah satunya voli pantai.

Seperti beberapa pertandingan lainnya, voli pantai untuk wanita disiarkan oleh salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia. Hanya saja, pertandingan olahraga itu malah diprotes oleh salah satu warganet sampai membuat aduan ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Voli pantai sendiri telah menjadi olahraga di Olimpiade sejak Olimpiade Musim Panas 1996. Voli pantai adalah olahraga beregu yang dimainkan oleh dua tim yang terdiri dari dua pemain di lapangan pasir yang dipisahkan oleh jaring.

Mirip dengan bola voli dalam ruangan, tujuan permainan ini adalah mengirim bola melewati jaring dan menjatuhkannya ke sisi lapangan lawan.

Terlepas dari pro dan kontra penayangan voli pantai di stasiun televisi Tanah Air, olahraga ini punya segudang manfaat. Tak heran jika voli pantai juga masuk cabang olahraga yang diperebutkan medalinya di Olimpiade Tokyo 2020.

Berikut manfaat voli pantai dikutip detikcom dari berbagai sumber:

1. Melatih kekuatan otot

Sebuah studi dalam "The Journal of Experimental Biology" menunjukkan bahwa tubuh bekerja lebih keras dalam menanggapi resistensi yang diciptakan oleh pasir. Akibatnya, kaki Anda dipaksa bekerja dua setengah kali lebih keras daripada saat berjalan, joging, atau berlari di permukaan yang kurang tahan seperti aspal.

Olahraga voli pantai akan mendorong pembakaran lemak di perut, kaki, dan bagian tubuh lainnya sekaligus memperkuat dan mengencangkan otot-otot kaki. Ini mengarah pada otot yang lebih besar!

2. Meningkatkan kelenturan kaki dan tangan

Latihan dan bermain di pasir mengaktifkan dan memperkuat area kerja yang lebih ringan, seperti otot pergelangan kaki dan kaki, yang tidak terbiasa bekerja, melenturkan, dan menyesuaikan diri dengan permukaan yang tidak rata.

Juga, karena bertelanjang kaki selama bermain voli pantai, ini memaksa seluruh postur tubuh untuk bekerja dalam bentuk yang paling alami.

3. Banyak bakar kalori!

Karena berlaga di pasir, yang merupakan permukaan tidak stabil yang lebih sulit untuk berpindah, permainan voli pantai selama satu jam membakar cukup banyak kalori. Dari semua lari, lompat, dan menyelam, Anda bisa membakar 484 kalori per jam.



Simak Video "Ragam Masker Atlet Olimpiade Tokyo 2020 dari Berbagai Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)