ADVERTISEMENT

Rabu, 01 Sep 2021 06:05 WIB

September Anti Mager

Bolehkah Berolahraga Setelah Vaksin COVID-19?

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) tampak ramai didatangi warga pada Minggu (29/8) pagi. Warga datang ke sana untuk berolahraga di akhir pekan. Habis vaksin boleh olahraga? Cek di sini (Foto: Andhika Prasetia/Detikcom)

Kapan seseorang bisa kembali berolahraga jika mengalami efek samping?

Pakar mengungkapkan, idealnya seseorang beristirahat selama satu atau dua hari setelah vaksinasi, baru kemudian melanjutkan rutinitas olahraga.

"Jika melihat ada efek samping seperti demam, nyeri tubuh, atau mual, maka ada baiknya beristirahat selama dua hari. Tidak disarankan untuk melakukan aktivitas fisik yang melelahkan atau intens jika tidak terbiasa melakukannya. Setelah, beberapa hari menjalani vaksinasi," kata dr Sharwari Dabhade Dua, konsultan penyakit dalam di Rainbow Hospitals, Delhi, India.

dr. Abhishek Bansal, Direktur Ortopedi, Cedera Tulang Belakang dan Cedera Olahraga di Rumah Sakit Diyos menambahkan latihan berat dalam waktu 48-72 jam setelah vaksinasi dapat menyebabkan mialgia (rasa nyeri pada otot) dan kelelahan.

"Akan lebih bijaksana menunggu 2-3 hari pasca vaksinasi agar nyeri otot dan kelelahan mereda," katanya.

Senada dengan dr Bansal, dr. Moon dari Rumah Sakit Wockhardt mengatakan, akan lebih baik jika seseorang meluangkan waktu istirahat dan menunda berolahraga.

"Istirahat selama beberapa hari tidak akan menghambat kemajuan latihan seseorang. Penting untuk membiarkan tubuh pulih dari efek samping. Jangan bersikap keras pada diri sendiri; Anda tidak akan menambah berat badan dalam sehari," ujar dr Moon.

Menyambut Hari Olahraga Nasional (Haornas), detikcom akan mengadakan program 'Olahraga detik Ini Juga'.

Ada grand prize Sepeda Motor Honda Beat dan doorprize TV 40 inch, Laptop 14 inch, emas, serta total saldo digital senilai 5 juta rupiah, lho!
Nantikan info selanjutnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Fenomena Vaksin Covid-19 Kedaluwarsa di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT