Kamis, 23 Sep 2021 06:00 WIB

Sering Ngompol Sedikit Saat Angkat Beban? Pria Wajib Waspada

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Bodybuilder performing deadlift Ngompol sedikit saat angkat beban (Foto: Getty Images/mihailomilovanovic)
Jakarta -

Saat berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang berat, tetapi tiba-tiba mengompol? Jangan mengabaikan hal tersebut, bisa jadi tanda lemahnya otot dasar panggul.

Dokter Ira Mistivani, SpKFR(K), Staf Medis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi menjelaskan, normalnya seseorang tidak akan mengompol saat melakukan aktivitas fisik yang berat, seperti angkat beban. Hal ini bisa menjadi tanda adanya kelemahan pada otot dasar panggul.

"Jadi harusnya secara normal kita kalau angkat berat itu kita tidak mengompol, tetapi kalau ada kelemahan pada otot-otot dasar panggul biasanya akan terjadi seperti itu [mengompol]," jelas dr Ira dalam webinar 'Prostate Cancer Awareness Month', Rabu (22/9/2021).

Lebih lanjut, dr Ira menjelaskan saat seseorang menjalani aktivitas berat atau olahraga berat, terutama angkat beban bisa memberikan tekanan pada perut. Pada orang sehat, tekanan ini tidak akan menyebabkan mengompol.

"Sebenarnya kalau kita mengangkat berat itu adalah salah satu tanda bahwa adanya tekanan pada daerah abdomen [perut] kita yang cukup berat," jelasnya.

Apabila seseorang mengalami lemah otot panggul, tekanan berat tersebut bisa menyebabkan mengompol.

"Tapi kalau ada kelemahan pada otot-otot dasar panggul biasanya akan terjadi seperti itu [mengompol] karena otot dasar panggul kita itu adalah sebagai penopang untuk organ-organ di abdomen, seperti bladder [kandung kemih]," papar dr Ira.

Menurut dr Ira, seseorang harus mulai waspada mengalami lemah otot dasar panggung, jika kerap mengompol saat batuk, bersin atau bahkan tertawa terbahak-bahak.

"Kalau orang batuk, bersin, tertawa-tertawa atau loncat-loncat kemudian mengompol adalah salah satu tanda kalau dia mengalami kelemahan pada otot dasar panggul," kata dr Ira.

Tak jarang, banyak orang yang mengaitkan kondisi ini dengan kanker prostat pada pria. Sama halnya jika mengalami sering kencing di malam hari. Benarkah hal tersebut?

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pantangan Makanan untuk Pasien Kanker Prostat"
[Gambas:Video 20detik]