Kamis, 23 Sep 2021 07:00 WIB

5 Rekomendasi Olahraga Ala Nabi Muhammad, Mau Coba?

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Seorang petugas melatih kuda di lapangan latihan Pacuan Kuda Pulomas, Jakarta, Rabu (20/4/2016). Kuda-kuda milik atlet dan pecinta olahraga berkuda ini harus dilatih setiap hari agar terbiasa dan lincah saat digunakan oleh pemiliknya. Dalam sehari, pelatih ini membawa kuda-kuda tersebut berjalan pagi dan sore untuk membiasakan dan menjaga kesehatan kuda-kuda tersebut. (FOTO: Rachman Haryanto/detikcom) Ilustrasi berkuda (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta -

Selama masa pandemi, banyak cara dilakukan demi menjaga imunitas. Mulai dari menjaga pola makan hingga olahraga. Akhir-akhir ini olahraga bahkan menjadi aktivitas yang banyak dilakukan demi menjaga imunitas.

Tetapi, olahraga sebenarnya sudah populer sejak lama bahkan sejak zaman Nabi Muhammad. Olahraga yang dilakukan tentu berbeda dengan zaman sekarang. Namun, masih banyak olahraga yang relevan bahkan menjadi olahraga mahal di masa kini.

Dirangkum dari buku Jurus Sehat Rasulullah Hidup Sehat Menebar Manfaat karya dr Zaidul Akbar, berikut adalah 5 olahraga di ala Nabi Muhammad.

1. Gulat

Gulat merupakan salah satu olahraga yang digemari oleh Rasulullah. Samurah bin Jundub meriwayatkan bahwa Rasulullah menyuruh para pemuda Ansar untuk berlatih gulat. Bahkan, Samurah sendiri bergulat dengan Rasulullah.

Rasulullah memperlihatkan kekuatan fisik yang mumpuni sehingga beliau ikut melakukan gulat. Kekuatan ini tentunya didapatkan dari sikap disiplin, mengolah fisik, serta pola hidup yang baik.

2. Berkuda

Pada zaman dahulu, Rasulullah menganjurkan berkuda bahkan menguji latihan kuda para sahabatnya dengan mengadakan lomba pacuan. Saat ini, olahraga berkuda merupakan olahraga yang mahal.

Berkuda tak hanya tentang berkendara, namun juga mengelola guncangan dan gerakan yang tidak statis hingga tubuh bisa beradaptasi.

Jika sudah terbiasa berkuda, seseorang akan memahami kapan harus memberikan isyarat untuk mengendarai gerakan kuda. Kemampuan ini tentu tidak akan terasah kecuali sering berlatih sehingga memahami karakter dari kuda yang dikendarai.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Penyintas Covid-19 Disarankan Tak Lakukan Olahraga Anaerobik "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)