Sabtu, 23 Okt 2021 07:32 WIB

Jojo-Ginting Retired, Ini Alasan Pemain Bulutangkis Rentan Cedera

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jonatan Christie of Indonesia reacts after winning against Denmarks Anders Antonsen during the Thomas Cup mens team semifinal badminton match in Aarhus, Denmark, Saturday, Oct. 16, 2021. (Claus Fisker/Ritzau Scanpix via AP) Jonatan Christie. (Foto: (AP/Claus Fisker)
Jakarta -

Jonatan Christie terpaksa retired saat berlaga melawan Kento Momota di Denmark Open 2021. Kondisinya yang tidak fit membuat Jojo tak bisa tampil maksimal.

Semasa interval, Jojo sempat mengeluhkan nyeri di pinggang kepada pelatih namun tetap meneruskan permainan. Namun tak lama setelah itu, ia meminta jeda dan akhirnya memutuskan retired (menyerah).

Rekannya, Anthony Sinisuka Ginting, juga mengalami cedera dan akhirnya memutuskan retired saat menghadapi Thomas Roussel di babak 32 besar.

Dalam keterangan, cedera pinggang Ginting mengalami overuse injury. Cedera ini disebabkan oleh penggunaan satu bagian tubuh secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama.

"Sebenarnya sudah terasa agak sakit di pinggang waktu pertandingan final Piala Thomas. Dan kemarin ada jeda istirahat dua hari, sempat coba buat recovery tapi mungkin enggak cukup cuma dengan dua hari," kata Ginting dalam pernyataan yang dikirim PBSI.

Dianggap sebagai olahraga raket tercepat, pemain bulutangkis membutuhkan stamina aerobik, kelincahan, kekuatan, kecepatan, dan ketepatan, dan koordinasi motorik yang baik dan gerakan raket yang kompleks. Cedera dalam bulu tangkis sering terjadi meskipun bukan olahraga kontak, dan termasuk overuse injury, dan peristiwa traumatis akut.

Dalam studi Badminton Injuries in Elite Athletes: A Review of Epidemiology and Biomechanics yang dipublikasikan di laman NCBI, permainan ini secara fisik menantang dan menuntut gerakan ekstremitas atas dan bawah berulang yang kompleks dengan variasi postur yang konstan dan menimbulkan risiko tinggi cedera berlebihan pada sistem muskuloskeletal apendikular dan aksial.

Lihat juga video 'Jalani Pemulihan, Marc Marquez Sudah Bisa Angkat Barbel':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2