Sabtu, 14 Mei 2022 11:55 WIB

Serba-serbi Sepatu Roda, Olahraga yang Belakangan Ini Viral

Rosiana Muliandari - detikHealth
legs of two  girls on roller skates on Tempelhofer Feld in Berlin Foto: Getty Images/iStockphoto/golero

Manfaat Olahraga Sepatu Roda Bagi Kesehatan

Tidak hanya untuk rekreasi, ternyata, menggunakan sepatu roda untuk olahraga membawa berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Dirangkum oleh detikcom dari berbagai sumber, beberapa manfaat tersebut adalah:

Membakar Kalori

Olahraga sepatu roda memiliki nilai METs (Metabolic Equevalents) 7 yang menunjukkan bahwa intensitasnya setara dengan bersepeda grup atau menggunakan mesin rowing.

Hal ini membuat pemain sepatu roda dengan berat 73 kg dapat membakar sekitar 267 kalori jika intensitas bermain konsisten selama 30 menit.

Membentuk Otot

Sepatu roda dapat membantu membentuk kekuatan otot inti dan meningkatkan stabilitas di tubuh bagian bawah. Tidak hanya itu, sepatu roda dapat meningkatkan kekuatan dan mobilitas tubuh bagian atas karena gerakan memompa dan mengayunkan lengan.

Sebagai Latihan Kardio

Ternyata, bermain sepatu roda bisa menghasilkan efek yang sama seperti kardio dengan berlari. Jika dilakukan secara rutin dan konsisten, latihan kardio dapat membantu menurunkan berat badan secara keseluruhan dan menjaga kesehatan tetap bugar.

Tips Bermain Sepatu Roda Bagi Pemula

Asisten pelatih Tim Nasional sepatu roda, Karta Wibawa, sempat berbagi tips pada detikcom (11/5/2022) bagi orang-orang yang tertarik untuk belajar sepatu roda agar tidak cedera. Tips tersebut adalah:

  • Menggunakan sepatu roda standard (lebih tinggi daripada sepatu roda biasanya dan roda lebih kecil)
  • Berlatih di tempat yang membuat sepatu roda tidak mudah bergerak seperti karpet atau rumput
  • Berlatih berdiri
  • Berlatih keseimbangan
  • Berlatih meluncur atau rolling
  • Berlatih teknik berhenti atau mengerem

Selain itu, Karta juga mengingatkan bahwa hal yang paling utama diperhatikan adalah untuk berlatih menggunakan beberapa alat pengaman agar mengurangi risiko cedera.

"Tipsnya yang pertama diperhatikan safety first, paling utama harus safety dulu dengan protector alat lengkap. Helm, protector telapak tangan, lutut, dan siku," ujarnya (11/5/2022).

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Melihat JIRTA, Satu-satunya Lintasan Sepatu Roda Jakarta Bertaraf Dunia"
[Gambas:Video 20detik]

(fds/fds)