ADVERTISEMENT

Sabtu, 14 Mei 2022 11:55 WIB

Serba-serbi Sepatu Roda, Olahraga yang Belakangan Ini Viral

Rosiana Muliandari - detikHealth
legs of two  girls on roller skates on Tempelhofer Feld in Berlin Foto: Getty Images/iStockphoto/golero
Jakarta -

Sepatu roda menjadi salah satu olahraga yang naik daun belakangan ini. Hal ini disebabkan karena adanya sebuah video yang sempat viral pada hari Minggu lalu (8/5/2022).

Video tersebut menunjukkan pengguna jalan raya terhalang oleh sekumpulan atlet sepatu roda jenis inline skate di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Kejadian tersebut ramai menuai kritikan dari netizen karena jalan raya tidak dirasa cocok untuk digunakan sebagai tempat latihan sepatu roda.

Muhammad Sal atau yang akrab dipanggil 'Ical', selaku Ketua Umum Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi) DKI Jakarta, menyampaikan permohonan maaf atas insiden tersebut.

Ia juga menjelaskan bahwa para atlet sepatu roda, biasanya, berlatih di Jakarta International Roller Track Arena (JIRTA), Sunter, Jakarta Utara. Namun, tempat berlatih tersebut tutup sampai 9 Mei 2022.

"Kemarin itu kan kita biasanya latihan di JIRTA, kebetulan ditutup. Kan anak-anak menuju Piala Ibu Negara bulan Juli-Agustus itu kan, jadi ingin sehabis bulan puasa, sehabis libur Lebaran kan mesti latihan. Ternyata nggak bisa di JIRTA itu ada pengumuman sampai tanggal 9 Mei baru dibuka," terangnya Ical pada detikcom, Senin (9/5/2022).

Sebenarnya, apa itu inline skate dan apakah ada manfaatnya bagi kesehatan?

Inline Skate vs Quad Skate

Para atlet sepatu roda di video viral tersebut terlihat menggunakan jenis sepatu roda inline skate. Selain jenis tersebut, ada juga sepatu roda dengan jenis quad skate. Kedua jenis sepatu roda itu memiliki manfaat yang sama, tapi, memiliki beberapa perbedaan.

Perbedaan kedua jenis sepatu roda tersebut yang paling terlihat adalah susunan rodanya. Keempat roda inline skate tersusun rapi dalam satu baris. Sementara roda quad skate tersusun dalam dua baris, dua di depan dan dua di belakang.

Quad skate relatif lebih stabil. Sedangkan inline skate dapat melaju lebih kencang, lebih mudah bermanuver, serta lebih nyaman karena memiliki ankle support.

Selain itu, quad skate lebih sering digunakan untuk artistic skating dan inline skate digunakan untuk balapan. Tidak hanya itu, terdapat juga perbedaan letak remnya. Rem quad skate berada di depan dan inline berada di belakang.

Next: Manfaat Olahraga Sepatu Roda

Manfaat Olahraga Sepatu Roda Bagi Kesehatan

Tidak hanya untuk rekreasi, ternyata, menggunakan sepatu roda untuk olahraga membawa berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Dirangkum oleh detikcom dari berbagai sumber, beberapa manfaat tersebut adalah:

Membakar Kalori

Olahraga sepatu roda memiliki nilai METs (Metabolic Equevalents) 7 yang menunjukkan bahwa intensitasnya setara dengan bersepeda grup atau menggunakan mesin rowing.

Hal ini membuat pemain sepatu roda dengan berat 73 kg dapat membakar sekitar 267 kalori jika intensitas bermain konsisten selama 30 menit.

Membentuk Otot

Sepatu roda dapat membantu membentuk kekuatan otot inti dan meningkatkan stabilitas di tubuh bagian bawah. Tidak hanya itu, sepatu roda dapat meningkatkan kekuatan dan mobilitas tubuh bagian atas karena gerakan memompa dan mengayunkan lengan.

Sebagai Latihan Kardio

Ternyata, bermain sepatu roda bisa menghasilkan efek yang sama seperti kardio dengan berlari. Jika dilakukan secara rutin dan konsisten, latihan kardio dapat membantu menurunkan berat badan secara keseluruhan dan menjaga kesehatan tetap bugar.

Tips Bermain Sepatu Roda Bagi Pemula

Asisten pelatih Tim Nasional sepatu roda, Karta Wibawa, sempat berbagi tips pada detikcom (11/5/2022) bagi orang-orang yang tertarik untuk belajar sepatu roda agar tidak cedera. Tips tersebut adalah:

  • Menggunakan sepatu roda standard (lebih tinggi daripada sepatu roda biasanya dan roda lebih kecil)
  • Berlatih di tempat yang membuat sepatu roda tidak mudah bergerak seperti karpet atau rumput
  • Berlatih berdiri
  • Berlatih keseimbangan
  • Berlatih meluncur atau rolling
  • Berlatih teknik berhenti atau mengerem

Selain itu, Karta juga mengingatkan bahwa hal yang paling utama diperhatikan adalah untuk berlatih menggunakan beberapa alat pengaman agar mengurangi risiko cedera.

"Tipsnya yang pertama diperhatikan safety first, paling utama harus safety dulu dengan protector alat lengkap. Helm, protector telapak tangan, lutut, dan siku," ujarnya (11/5/2022).



Simak Video "Melihat JIRTA, Satu-satunya Lintasan Sepatu Roda Jakarta Bertaraf Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT