ADVERTISEMENT

Rabu, 13 Jul 2022 05:30 WIB

Tiba-tiba Serangan Jantung saat Olahraga? Kenali Kemungkinan Penyebabnya

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
tired woman runner taking a rest after running hard on city road Ilustrasi lari (Foto: Getty Images/iStockphoto/lzf)
Jakarta -

Beberapa kali ditemui kasus seseorang yang tengah melakukan olahraga lari atau olahraga lainnya tiba-tiba ambruk dan mengalami serangan jantung mendadak. Menurut Hendri Pardede, pelatih sekaligus atlet lari maraton menyatakan bahwa fenomena seperti ini seringkali disebabkan oleh satu faktor kunci, yaitu kurang tidur.

"Ini begini rahasianya penting sekali yang namanya istirahat cukup. Deep sleep seseorang yang rutin berolahraga baik umum maupun atlet perlu diperhatikan, kurang tidur ini berbahaya sekali," jelas Coach Hendri, sapaan akrabnya, ditemui di XXI Lounge Plaza Senayan, Selasa (12/7/2022).

"Seseorang yang berlari terus kurang tidur, pas lari bukan hanya capek tapi heart rate-nya naik, tiba-tiba jatuh ambruk, sering kan biasanya jantung. Ini karena dia tidak cukup tidurnya," sambungnya.

Menurut Coach Hendri, dalam olahraga berlari, tidur merupakan salah satu bagian dari latihan.

"Ini jarang yang tahu, tidur itu juga bagian dari latihan. Tidur cukup maka energi siap digunakan maksimal untuk lari," bebernya.

Selain itu menurut Coach Hendri, memaksakan diri melakukan olahraga tidak sesuai kemampuan tubuh juga bisa menjadi faktor selanjutnya.

"Listen to your own body, ingat memaksakan lari dengan jarak tempuh jauh padahal belum mampu itu bahaya, olahraga berat padahal baru mulai itu bahaya, perlahan dengarkan tubuhmu," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Hindari Serangan Jantung Saat Bersepeda!"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT