Penting! Tips Memilih Sepatu Lari Menurut Dokter Olahraga

ADVERTISEMENT

Penting! Tips Memilih Sepatu Lari Menurut Dokter Olahraga

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Kamis, 08 Sep 2022 08:45 WIB
Close up of sporty woman tying shoelace while kneeling outdoor, In background bridge. Fitness outdoors concept.
Tips memilih sepatu lari (Foto: iStock)
Jakarta -

Akhir-akhir ini olahraga lari kian digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Olahraga lari kini bukan hanya eksklusif milik para atlet di medan perlombaan namun juga banyak diminati oleh penggiat awam sebagai olahraga rekreasional.

Menurut dokter spesialis kedokteran olahraga dr Antonius Andi Kurniawan, SpKO dari RS Pondok Indah Bintaro Jaya, seiring meningkatnya tren lari, masyarakat juga perlu mengetahui cara memilih sepatu lari yang tepat. Menurutnya, sepatu lari yang tepat adalah yang sesuai dengan bentuk atau tipe kaki.

"Jadi kan tipe kaki ada tiga tuh, nah ini biasanya sol sepatunya nanti dicocokin dengan jenis telapak kakinya. Biasanya setiap brand sepatu ada pilihannya setiap tipe," ucapnya pada konferensi pers di Jakarta Selatan, Rabu (7/9/2022).

Berdasarkan penjelasan dr Andi, tipe kaki dibagi menjadi tiga yaitu tipe normal, tipe high, dan tipe flat foot. Berikut ini penjelasannya.

Normal

Tipe kaki normal memiliki lengkungan yang wajar pada bagian sisi dalam telapak kaki. Kebanyakan orang memiliki tipe kaki normal.

High

Tipe kaki high biasanya memiliki lengkungan yang cenderung lebih tinggi dibanding tipe normal. Tumit biasanya menjadi bagian yang paling terbebani pada tipe kaki ini karena menjadi tumpuan bobot tubuh.

Flat foot

Tipe kaki flat memiliki lengkungan yang kecil bahkan terlihat seperti tidak memiliki lengkungan. Tipe kaki ini juga dikenal dengan kondisi 'kaki bebek'.

NEXT: Jangan pakai sepatu baru untuk long run dan maraton



Simak Video "6 Jurus Berlari di Area Terbuka Saat New Normal"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT