6 Olahraga Ringan Penangkal Kolesterol, Cuma Butuh 30 Menit Sehari

ADVERTISEMENT

6 Olahraga Ringan Penangkal Kolesterol, Cuma Butuh 30 Menit Sehari

Nurul Febian Danari - detikHealth
Minggu, 11 Sep 2022 11:19 WIB
Running together. Side view of young beautiful women looking away while running on treadmill at gym.
Olahraga ringan penangkal kolesterol (Foto: Getty Images/iStockphoto/Harbucks)

4. Berenang

Berenang juga termasuk aerobik. Berenang adalah aktivitas yang ringan bagi persendian dan merupakan aktivitas yang baik bagi yang memiliki masalah sendi. Menurut National Heart, Lung, and Blood Institute (NHBLI), selama 30 menit berenang dapat membakar sekitar 240 kalori. Berenang juga dapat dijadikan pilihan untuk menjaga berat badan, sehingga dapat mengurangi kegemukan yang memicu kolesterol tinggi.

5. Angkat beban

Selain aerobik, olahraga juga perlu diselingi dengan latihan kekuatan. Hal ini dibutuhkan untuk membentuk otot, yang dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori saat istirahat. Menurut penelitian, latihan kekuatan dapat meningkatkan kolesterol baik. American College of Sport Medicine merekomendasikan latihan kekuatan seperti angkat beban setidaknya dilakukan dua kali dalam seminggu dengan 8 hingga 12 kali pengulangan.

6. Aktivitas sehari-hari

NHLBI mengatakan, aktivitas seperti berkebun dan melakukan pekerjaan rumah adalah awal yang baik untuk bergerak dan memulai kebiasaan sehat. Hal yang paling penting adalah melakukan pekerjaan-pekerjaan tersebut dengan senang hati dan secara teratur.



Simak Video "Ini Cara Sehat Olah Daging Kambing "
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT