Viral 'Yoga Alien' Nauli Kriya Bikin Mules, Aman Nggak Sih?

ADVERTISEMENT

Viral 'Yoga Alien' Nauli Kriya Bikin Mules, Aman Nggak Sih?

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Jumat, 16 Sep 2022 06:30 WIB
Vacuum for the abdomen pulling. Close up photo part of the body of a young beautiful sports woman standing and performing the exercise of pulling the abdomen in black sportswear
Yoga Nauli Kriya (Foto: Getty Images/iStockphoto/Liubomyr Vorona)

Menurut dokter spesialis kedokteran olahraga dr Michael Triangto SpKO dari Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran, gerakan nauli kriya memang bisa memberikan manfaat bagi otot perut. Namun ia menyatakan gerakan ini tidak boleh dilakukan bagi seseorang yang mengalami keluhan atau cedera pada perut.

"Yang pasti dari kedokteran olahraga yang berfokus pada otot, tulang dan sendi, jadi gerakan ini kan daerah perut yang ada otot. Kita melatih otot tentu baik selama tidak menimbulkan keluhan kesehatan," ujarnya dihubungi detikcom, Kamis (15/9/2022).

"Pertama perjelas dulu bilamana dalam kondisi saat tidak ada nyeri, tidak ada cedera perut seperti luka tusuk, tentu boleh dilakukan. Tapi kalau sebelumnya ada luka misalkan operasi caesar atau usus buntu ini tidak disarankan," sambungnya.

Ia menegaskan jika ingin belajar gerakan ini sebaiknya tidak dari sekadar melihat video TikTok. Selain itu, ia tidak menyarankan untuk orang awam memaksakan melakukan gerakan ini secara berlebihan.

"Intinya tidak bagus juga saat berlebihan kan? Jadi tergantung lagi niatnya, kalau cuma untuk bergerak cari sehat bisa," pungkasnya.



Simak Video "Dokter Ahli Pencernaan Bicara Efek ke Perut saat 'Yoga Alien' Nauli Kriya"
[Gambas:Video 20detik]

(mfn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT